Netral English Netral Mandarin
04:19wib
LSI Denny JA menilai, PDI Perjuangan berpotensi akan mengalami kekalahan jika mengusung Ketua DPR Puan Maharani sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia menegaskan fasilitas kesehatan di Indonesia bisa tumbang dalam 2-4 minggu jika pengendalian pandemi tidak diperketat.
Peneliti: Agrobisnis Peluang Usaha Terbaik di Masa Pandemi

Sabtu, 08-Mei-2021 11:50

Tanaman sayuran hidroponik.
Foto : Facebook
Tanaman sayuran hidroponik.
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Peneliti urban farming dari Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang Dian Armanda mengatakan agrobisnis merupakan salah satu usaha yang sangat menjanjikan pada masa pandemik Coronavirus Disease (COVID-19).

"Saat lapangan usaha lain mengalami penurunan, pertanian justru mengalami kenaikan sangat signifikan," kata Dian di Semarang, Sabtu (8/5/2021).

Dian mengatakan, jika mengutip data pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) menurut lapangan usaha pada Triwulan II 2020, saat pandemi COVID-19 mulai melanda Indonesia, sektor pertanian, mencatat pertumbuhan tertinggi yaitu sebesar 16,24 persen. Kemudian diikuti sektor infokom sekitar 3,44

Sementara, sektor real estate mencatat penurunan 0,26 persen, jasa pendidikan anjlok 0,68 persen, industri merosot 6,49 persen, dan perdagangan turun 6,71 persen.

"Artinya, agrobisnis itu sesuatu yang sangat menjanjikan pada era pandemik ini dalam posisi apa pun, baik produsen/petani, pengolah, distributor, maupun retailer," kata Dian, seperti dikutip dari Antara.

Menurutnya, semua komoditas pertanian adalah peluang usaha yang menjanjikan, baik hasil tani (sayuran), olahan hasil tani (makanan olahan), alat dan bahan-bahan pertanian, maupun jasa pertanian.

Reporter : Antara
Editor : Irawan HP