3
Netral English Netral Mandarin
19:42 wib
Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Bali United dalam laga uji coba yang akan berlangsung hari ini. Pemerintah masih menganggap persoalan di tubuh Partai Demokrat yang berujung pada Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang merupakan persoalan internal partai.
Pengacara Akui FPI Terima Transfer dari Luar Negeri tapi untuk Ini, Netizen: Ngeles???

Minggu, 24-January-2021 13:55

Pengacara Akui FPI Terima Transfer dari Luar Negeri untuk Kemanusiaan
Foto : Suara.com
Pengacara Akui FPI Terima Transfer dari Luar Negeri untuk Kemanusiaan
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengungkapkan adanya transfer lintas negara ke rekening Front Pembela Islam (FPI). Kuasa hukum FPI, Aziz Yanuar, mengatakan transfer itu berkaitan dengan pengelolaan dana kemanusiaan.

"Itu menandakan FPI mendapat kepercayaan banyak warga dunia dalam mengelola dana umat untuk bencana kemanusiaan, anak-anak yatim, dan bantuan bencana, serta yang lainnya," kata Aziz Yanuar kepada wartawan, Minggu (24/1/2021).

Di sosial media, pernyataan Aziz langsung menjadi sorotan. Akun FB Mak Lambe Turah ikut bagikan tautan dan cuitannya dikomentari banyak netizen.

MLT: "Ngeles ???"

Ferry Setiawan: "Bongkar dan terus dalamin..."

Han Deuleum: "Bohir aseng dan asing mulai terkuak..."

Fairusman: "Tar lagi juga terdeteksi lbh jelas, siapa saja pihak yg trlibat pendanaan apa....."

Jholink Rizki Santoso: "Buah jauh tidak jatuh dari jatuhnya pohon jauh jatuh buah.."

Lulhy: "Stlh g ada dana,, rasanya anteng g ada demo kwkwkwkwkwk,, bukti klu demo mrk tu ada yg danain,,hny sj para org tolol yg gampang terprovokasi hny kebagian nasbung sj,,,"

Tya S Tya: "Wah wah klo bnr asing ikut campur,,jelas jelas mau menghancurkn NKRI dg mendanai itu semua.klo bnr..kmren teriak osang asing tenyata malah kelompoknya yg antek asing."

Sebelumnya diberitakan, Aziz mengatakan FPI memang berfokus pada bantuan kemanusiaan di berbagai negara. Salah satunya bantuan untuk warga Palestina.

"FPI juga concern dengan bantuan kemanusiaan ke banyak negara yang mengalami penjajahan dan musibah seperti misal di Gaza, Palestina. Juga terhadap saudara-saudara kita di Rakhine, Myanmar," jelasnya.

PPATK sebelumnya mendeteksi ada arus lalu lintas keuangan lintas negara terkait rekening Front Pembela Islam (FPI). Namun Kepala PPATK Dian Ediana Rae tak bersedia menyampaikannya secara eksplisit dari siapa, berapa, kapan, dan untuk apa.

"Ya, ada. Dari penelusuran PPATK itu memang melihat keluar-masuk dana dari negara lain," kata Dian kepada tim Blak-blakan, Rabu (20/1).

Sejak 4 Januari lalu PPATK telah memblokir sementara rekening milik FPI dan para pihak terafiliasi di berbagai bank nasional. Hingga 20 Januari, jumlahnya mencapai 92 rekening, dan kemungkinan akan terus bertambah.

Sejauh ini, kata Dian Ediana Rae melanjutkan, pihaknya belum sampai pada kesimpulan apakah FPI terkait dengan pendanaan terorisme. Juga belum dikaitkan dengan pelanggaran UU tindak pidana lainnya.

"Apakah FPI itu akan dikenakan UU mana, Itu belum. Apakah dia terkait dengan pendanaan terorisme? Belum juga disimpulkan begitu," ujarnya dinukil Detik.com.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto