Netral English Netral Mandarin
15:03wib
TNI Angkatan Udara melayangkan permintaan maaf atas peristiwa kekerasan yang dilakukan dua oknum prajuritnya terhadap warga sipil di Merauke, Papua, Senin. Pemerintah Amerika Serikat kembali mengimbau kepada para penduduk dan pemukim kembali mengenakan masker guna mencegah infeksi virus corona (Covid-19) varian Delta.
Pengamat: Anak SD Saja Tau Presiden 2 Periode, Pengusul 3 Periode Ngawur, Buta Konstitusi

Selasa, 22-Juni-2021 21:37

Pengamat politik Jerry Massie
Foto : Istimewa
Pengamat politik Jerry Massie
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengamat politik Jerry Massie merasa heran dengan pihak yang mewacanakan masa jabatan presiden menjadi 3 periode.

Adapun masa jabatan presiden 3 periode yang digaungkan Komunitas Jokowi- Prabowo (JokPro) 2024. Mereka mendorong Presiden Jokowi maju kembali di Pilpres 2024 dan berpasangan dengan Prabowo Subianto.

"Yang mengusulkan ini apa tujuan dan maksudnya? Bahkan incarannya? Anak SD saja tahu presiden 2 periode," kata Jerry kepada netralnews.com, Selasa (22/6/2021).

Jerry menyebut pengusul masa jabatan presiden diperpanjang menjadi 3 periode, buta konstitusi. Pasalnya, sesuai amanat konstitusi, masa jabatan presiden hanya dua periode.

Berdasarkan Pasal 7 UUD 1945, presiden dan wakil presiden (wapres) memegang jabatan selama lima tahun dan dapat dipilih kembali untuk satu kali masa jabatan.

"Pengusul ini ngawur dan buta konstitusi," tegas Direktur Eksekutif Political and Policy Public Studies (P3S) itu.

"Bunyi Pasal 7 UUD 45 sudah jelas gak perlu di utak-atik lagi sudah final dan paten. Jangan-jangan nantinya ada kelompok yang akan mengamandemen merubah UUD 45 bahkan Pancasila dan NKRI," jelasnya.

Selain itu, Jerry berpendapat manuver JakPro mewacanakan masa jabatan presiden 3 periode justru menjatuhkan kredibilitas Presiden Jokowi dan bisa membuat Jokowi melanggar konstitusi.

Sebab, Presiden Jokowi telah berkali-kali menyatakan menolak wacana tersebut dan tidak pernah berpikir untuk menjadi presiden selama tiga periode.

Bahkan, Jokowi juga menyebut bahwa orang-orang yang menggulirkan wacana presiden tiga periode itu cari muka, ingin menampar mukanya dan ingin menjerumuskan dia.

"Ini jelas-jelas para pengusul isu murahan ini akan menampar wajah presiden, menjatuhkan kredibilitas presiden, membuat Jokowi melanggar konstitusi," pungkas Jerry.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati