Netral English Netral Mandarin
20:36 wib
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan vaksinasi COVID-19 kedua kalinya masih dengan vaksin Sinovac yang dilaksanakan di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (27/1/2021). Komjen Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang baru. Pelantikan ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.
Berikut Empat Calon Kuat Pengganti Kapolri Idham Azis

Kamis, 17-December-2020 10:20

Kapolri Idham Azis.
Foto : Antara Foto
Kapolri Idham Azis.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Beredar sejumlah nama yang dikabarkan akan menggantikan Kapolri Jenderal Idham Azis. Bahkan, dari Istana Jokowi dikabarkan telah mengantongi nama-nama Calon Kapolri pengganti Idham Azis.

Saat ini memang banyak yang memperbincangkan sosok pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis karena memasuki masa pensiun pada akhir Januari 2021.

Meski begitu, hingga kini belum ada nama-nama Calon Kapolri pengganti Idham Azis yang diungkapkan ke publik.



Namun, santer dibicarakan ada beberapa nama yang disebut, yakni Komjen Pol Gatot Eddy Pramono (Wakapolri), Komjen Pol Boy Rafli Amar (Kepala BNPT).

Selanjutnya ada Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (Kabareskrim) dan Komjen Agus Andrianto (Kabaharkam Polri).

1. Gatot Eddy Pramono
Komjen. Pol. Dr. Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si, lahir di Solok, Sumatra Barat, 28 Juni 1965, saat ini berusia 55 tahun, seorang perwira tinggi Polri yang sejak 20 Desember 2019 mengemban amanat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri).

Gatot, lulusan Akpol 1988, dia berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang tiga ini adalah Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya.

2. Boy Rafli Amar
Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H. gelar Datuak Rangkayo Basa, lahir di Jakarta 25 Maret 1965 usianya kini 55 tahun, seorang perwira tinggi Polri yang sejak 6 Mei 2020 menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Boy, lulusan Akpol 1988 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri.

3. Listyo Prabowo
Komjen. Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. lahir di Ambon, Maluku, 5 Mei 1969 kini umur 51 tahun, seorang tokoh kepolisian Indonesia. Saat ini, dia menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri sejak tanggal 6 Desember 2019.

Listyo tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting. Dia adalah Ajudan Presiden RI Joko Widodo. Ia kemudian menjabat Kepala Kepolisian Daerah Banten, Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan terakhir sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri.

4. Agus Andrianto
Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H. lahir di Blora, Jawa Tengah, 16 Februari 1967, kini usia 53 tahun, adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 6 Desember 2019 menjabat sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri.

Agus, lulusan Akpol 1989 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Sumatra Utara. Demikian dikutip dari PR.

Reporter : Widita Fembrian
Editor : Widita Fembrian