Netral English Netral Mandarin
17:52wib
Presiden Joko Widodo mengatakan, kondisi dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian dan persoalan yang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Sistem perawatan kesehatan Singapura terancam kewalahan menghadapi lonjakan covid-19.
Penjelasan Alffy Rev Soal Makhluk di Scene Akhir ‘Wonderland Indonesia’ yang Bukan Garuda Melainkan Naga

Jumat, 20-Agustus-2021 20:30

Alffy lebih memilih Naga di akhir video Wonderland Indonesia.
Foto : Youtube
Alffy lebih memilih Naga di akhir video Wonderland Indonesia.
142

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Vokalis “Wonderland Indonesia”, Novia Bachmid mengetahui banyak pihak yang mengomentari makhluk di scene akhir projek tersebut. Di scene akhir “Wonderland Indonesia” bukan menampilkan Burung Garuda, melainkan Naga. 

Novia akui, pemilihan makhluk tersebut bukan tanpa alasan. Novia sampaikan, ada alasan khusus mengapa sang director sekaligus produser, Alffy Rev tidak menampilkan Burung Garuda. 

“Kenapa makhluk di scene akhir bukan Garuda? Kenapa Naga? Makhluk mitologis dalam scene terakhir “Wonderland Indonesia” adalah manifestasi dari Antaboga dan Garuda,” jelas Novia dikutip dari perbincangannya dengan Youtuber Gritte Agatha, Jumat (20/8/2021). 

Di dalam pewayangan Jawa Kuno, Antaboga adalah raja ular yang menjaga perut bumi. Antaboga juga diketahu sebagai penguasa dunia bawah. 

Sosok Naga ini melekat pada Budaya Jawa dan Bali. Biasanya ada di ukiran gamelan, gerbang maupun gapura sebagai simbol penjaga. 

“Secara fisik memang lebih menyerupai ular naga, tapi kita padukan dengan gagahnya Garuda, dengan sayapnya sebagai simbol penjaga dunia atas dan bawah,” terang Novia sambil membaca penjelasan yang telah diberikan Alffy Rev. 

Di kening juga terdapat simbol Surya Majapahit yang bermakna dewa sanga atau sembilan dewa, sebagai penjaga di setiap penjuru mata angin. 

“Kenapa nggak Garuda dan Pancasila? Garuda, Pancasila adalah lambang negara yang sensitif jika difantasikan secara purba. Lambang negara tersebut juga dilindungi oleh Undang-undang,” terang dia. 

Novia sendiri dipilih menjadi vokalis, setelah melalui seleksi internal dari antara beberapa penyanyi lainnya. Novia mengaku dipilih menjadi vokalis sekitar H-7 sebelum projek dilaksanakan. 

Proses syuting diakui dilaksanakan sekitar dua minggu lalu, di kawasan Ubud, Bali. Dalam projek itu, Novia mempelajari sembilan lagu dan mengenakan beberapa baju daerah yang khas. 

Tak diduga, “Wonderland Indonesia” kini tengah menjadi trending di Youtube dengan bertengger di posisi dua. Projek ini juga diluncurkan sebagai salah satu maha karya menyemarakkan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani