Netral English Netral Mandarin
10:24wib
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi tentang peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk Minggu 1 Agustus 2021. Seluruh gerai Giant di Indonesia resmi tidak lagi beroperasi di Indonesia mulai hari ini, Minggu (1/8/2021).
Penuhi Kebutuhan Daging Sapi, Gubernur Anies Gandeng Pemkab Gorontalo

Sabtu, 19-Juni-2021 06:30

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo
Foto : Wahyu Praditya
Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo
5

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan kerja sama antar daerah untuk pemenuhan pasokan pangan warga ibu kota. Kali ini ia berkolaborasi dengan Kabupaten Gorontalo, Sulawesi Utara.

Kerja sama yang dijalin adalah memasok 100 ekor sapi secara rutin setiap hari kepada DKI. Nantinya pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan mengirimkan dalam bentuk daging yang sudah terpotong.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan Jakarta pada dasarnya memiliki kebutuhan daging sapi sebanyak 700 ekor setiap harinya. Dengan kerja sama ini, Gorontalo mampu memenuhi sebagian besarnya.

Kerja sama dilakukan dengan sistem bussines to business (B to B) antara Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI PD Dharma Jaya dengan BUMD Kabupaten Gorontalo, Gorontalo Global Gemilang (3G).

"Adanya Covid-19, import apa segala kan susah. Maka kita saring supply antar daerah. Nah pangan ini khususnya ternak. Kenapa ternak? ternyata setiap hari di jakarta itu dipotong sapi 700 ekor. bayangkan 700 ekor, berarti 1 bulan 21.000 ya," kata Nelson kepada wartawan, Jumat (19/2021).

Nelson menjelaskan, kerja sama ini juga berarti membuka lapangan kerja baru di Gorontalo. Sebab akan ada lebih banyak Rumah Potong Hewan (RPH) yang membutuhkan banyak pekerja di daerahnya.

"Gorontalo ini sukses dengan jagung, dan hari ini kita mendorong ternak sapi kita. Karena jagung ini kan pakan ternak. dan Alhamdulillah selama 5 tahun sebelumnya selama saya bupati, itu kita bagi 10.000 ekor sapi di masyarakat," tuturnya.

Ketua DPW PPP Gorontalo ini pun meyakini kerja sama dengan daerah khususnya Jakarta sangatlah penting. Ia berharap kerja sama pun di perbanyak untuk bidang lainnya agar Indonesia tak melulu mengandalkan impor dari luar negeri.

Tak hanya pangan, Nelson juga berinisiatif untuk memperkuat kerja sama di bidang lain dengan DKI. Mulai dari pendidikan hingga kebudayaan.

"Apalagi hari ini kita selalu kerja sama luar negeri. Kenapa kita tak perkuat kolaborasi antar daerah. Apalagi tiap daerah punya kebutuhan sendiri-sendiri dan kita saling memberi," tuturnya.

Ketua umum GL Pro 08, selaku inisiator kerja sama ini, Jimmy C K memberikan apresiasi atas terwujudnya rencana ini. Apalagi Gubernur Anies disebutnya langsung sigap langsung mengeksekusi rencana ini.

"Pak Gubernur langsung eksekusi meskipun baru pertemuan pertama. ada tim kecil dibentuk, dari bumd Gorontalo sudah datang. jadi memang sangat direspon. kebutuhan daging DKI kan selama ini import, nah kenapa tidak antar daerah ini kita kerja samakan," pungkasnya.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani