Netral English Netral Mandarin
22:03 wib
Para tenaga medis yang kelelahan diduga menjadi salah satu penyebab meningkatnya angka kematian akibat Covid-19 di DKI Jakarta. Sebab, pada saat yang sama angka penambahan kasus terus meningkat. Keputusan untuk melanjutkan atau tidak operasi gabungan  pencarian dan evakuasi korban serta puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182 oleh tim Badan SAR Nasional (Basarnas) bakal diputuskan Senin (18/1).
Peran Penting Water Heater Bagi Kesehatan Keluarga

Sabtu, 14-November-2020 13:00

Ilustrasi
Foto : Ariston
Ilustrasi
21

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketika musim penghujan datang, cuaca mulai gelap, bagi kita yang belum sempat membersihkan diri tentu akan membutuhkan keberadaan air hangat untuk mandi. Bagi rumah tangga tradisional, memasak air dalam panci sudah cukup untuk menghadirkan air hangat bagi seluruh anggota keluarga. 

Namun dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan akan efisiensi waktu, segala hal yang mulanya lama masa pengerjaannya menjadi sekian kali lipat lebih cepat. Kini untuk kebutuhan akan air hangat, kita memiliki alat elektronik rumah tangga yang disebut dengan water heater atau pemanas air.

Water heater atau pemanas air adalah sebuah alat elektonik rumah tangga yang dapat ditemukan hampir di setiap rumah modern saat ini. Secara definisi, pemanas air merupakan sebuah alat elektronik dengan kelengkapan teknologi terkini yang membantu kita mempersingkat waktu untuk mendapatkan air hangat. 



Jika umumnya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit hanya untuk memasak kebutuhan air hangat seorang anggota keluarga, dengan water heater waktu yang dihabiskan menjadi sekian kali lebih singkat. Sebelum mengulas mengenai water heater lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu sejarah dari benda ini.

Dimulai pada jaman dahulu hingga memasuki abad ke-18, orang memanaskan air dalam bejana atau wadah serupa guna keperluan mandi maupun aktivitas rumah tangga lainnya. Pada masa itu, cara ini dinilai cukup mudah dan sederhana, namun pelaksanaannya tidak terlepas dari banyak kekurangan. 

Adanya resiko keselamatan karena melibatkan kontak dengan api secara langsung, maupun dari segi efisiensi yang menyita sekian banyak waktu membuat orang-orang berpikir dua kali untuk menggunakan metode ini.

Karena cara tersebut dinilai cukup kuno dan umum, penemu asli dari metode tersebut sudah tak terlacak lagi. Hingga akhirnya, pada kurun waktu sekitar tahun 1850 ditemukan kembali metode lain dengan cara menempatkan jet gas di sekitar bak mandi untuk menghasilkan air panas. 

Beberapa waktu setelahnya, pada tahun 1868 seorang yang berasal dari Inggris bernama Benjamin Waddy Maughan membuat terobosan baru mengenai metode pemanasan air.

Maughan menciptakan sebuah sistem dimana air yang dituangkan ke bak mandi sudah dalam keadaan panas. Namun terdapat satu kekurangan dalam sistem yang ia ciptakan yaitu perangkat cerobong sebagai jalan keluar gas panas. Bertahun-tahun setelahnya, seorang insinyur mekanik yang berasal dari Norwegia bernama Edwin Ruud menciptakan pemanas penyimpanan otomatis listrik pertama pada tahun 1889. Hal ini ia lakukan setelah ia menyadari adanya kekurangan dalam sistem pemanasan air yang dirancang oleh Maughan.

Pemanas air yang kita jumpai saat ini merupakan bentuk paling sempurna dari apa yang telah didesain oleh Maughan dan Ruud. Dengan kemajuan dan perkembangan teknologi mutakhir masa kini, segala resiko yang dahulu ditemui oleh Maughan dan Ruud dalam prosesnya sudah sama sekali hilang. 

Penyempurnaan desain awal dari Maughan dan Ruud dari tahun ke tahun telah berhasil menciptakan alat pemanas air yang lebih sempurna dan tanpa resiko selama tidak ada kelalaian dari penggunanya. Pertanyaan besarnya adalah mengapa harus menggunakan pemanas air yang diciptakan sedemikian rumit?

Manfaat Water Heater Bagi Kesehatan

Berbicara mengenai alasan menggunakan pemanas air berarti kita berbicara mengenai manfaat dari pemanas air. Tahukah Anda bahwa keberadaan pemanas air dapat menunjang hidup kita dari segi kesehatan? 

Ternyata kehadiran pemanas air dalam hidup kita sangat besar pengaruhnya. Pemanas air mampu menghasilkan air hangat yang berguna untuk keperluan sehari-hari kita khususnya dalam kamar mandi. Saat kita mandi misalnya, jika kita sering menggunakan air hangat untuk mandi, maka beberapa manfaat kesehatan dapat kita peroleh.

Seperti pada kulit wajah, bagian yang sangat dijaga oleh para wanita ini ternyata membutuhkan air hangat untuk membuatnya tetap tampak prima. Ketika kita menggunakan air hangat untuk membilas wajah saat mandi, molekul panas yang terdapat pada air hangat dapat melancarkan peredaran darah pada wajah. 

Bagi para wanita yang sangat mendambakan kulit wajah yang kenyal, penggunaan air hangat dapat menjaga elastisitas kulit. Kulit yang elastis juga berarti bebas keriput; semua wanita mendambakan hal ini bukan?

Namun sebenarnya manfaat paling penting yang kita semua harus tahu adalah bahwa dengan menggunakan air hangat yang dihasilkan pemanas air, kita dapat mengeluarkan racun-racun dalam tubuh kita. Ketika kita mandi, penggunaan air hangat akan memicu tubuh kita untuk mengeluarkan keringat. Keringat yang keluar inilah yang akan membawa racun keluar dari tubuh kita. 

Bayangkan, jika rutinitas menggunakan air hangat dilakukan setiap hari, hasilnya tidak akan jauh berbeda dengan ketika kita mengkonsumsi obat atau pergi ke dokter. Jika harus memilih, tentu cara memperoleh kesehatan dengan memanfaatkan air hangat yang akan dipilih karena kemudahannya.

Setelah menyimak penjelasan mengenai water heater mulai dari asal usulnya hingga manfaatnya untuk kesehatan kita dan seluruh anggota keluarga, masihkah Anda berpikir untuk tidak menggunakan air hangat? 

Demi alasan kesehatan seseorang akan melakukan segala cara untuk dapat sembuh dari sakit. Karena pada akhirnya, kesehatan adalah sebuah hal yang paling berharga di dunia ini untuk mendatangkan kebahagiaan. 

Jika kita bisa melakukan pola hidup sehat mulai sekarang dengan hal yang sangat sederhana seperti di atas, tunggu apa lagi? Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Reporter : tommy
Editor :