Netral English Netral Mandarin
21:01wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, HNW: Amalkan Pancasila yang Final '18 Agustus 1945'

Jumat, 01-Oktober-2021 13:00

Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nurwahid
Foto : Istimewa
Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nurwahid
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) mengingatkan untuk menghargai pengorbanan para Pahlawan Revolusi yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September 1965 oleh Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI).

Bentuk penghargaan itu, kata HNW, dilakukan dengan menjaga kesaktian Pancasila dari ideologi-ideologi yang bertentangan dengan dasar negara Indonesia itu.

Hal tersebut disampaikan HNW berkenaan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober.

"Selamat Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021," tulis HNW di akun Twitternya, @hnurwahid, Jumat (1/10/2021).

"Hargai pengorbanan para Pahlawan Revolusi dengan menjaga kesaktian Pancasila dari ideologi-ideologi yan bertentangan dengan Pancasila seperti; Komunisme, Atheisme, Separatisme, Liberalisme, Kapitalisme, Terorisme dan Sekularisme...," katanya.

Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu juga menegaskan tentang pentingnya mengamalkan Pancasila.

"Indonesia Jaya Raya dengan Amalkan Pancasila yang Final (18 Agustus 1945)!" cuit @hnurwahid.

Seperti diketahui, Hari Kesaktian Pancasila diperingati tiap 1 Oktober. Peringatan ini tidak luput dari peristiwa G30S/PKI yang mengakibatkan gugurnya 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD.

Pemerintah Orde Baru menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila melalui Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat tertanggal 17 September 1966 (Kep 977/9/1966).

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wahyu Praditya P