• News

  • Peristiwa

MPR Antar Undangan Pelantikan Presiden ke Jokowi

Ketua MPR Bambang Soesatyo
Dokumen Netralnews.com
Ketua MPR Bambang Soesatyo

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pimpinan MPR mengantarkan undangan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dilantik menjadi presiden periode 2019-2024 bersama KH Maruf Amin sebagai wakil presiden pada Minggu (20/10/2019) di Gedung Nusantara, Kompleks MPR, Jakarta. 

Pimpinan MPR yang mengantar undangan pelantikan itu yakni Ketua Bambang Soesatyo (Bamsoet) beserta para Wakil Ketua MPR, antara lain Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Jazilul Fuwaid, Syarief Hasan, Hidayat Nur Wahid, Zulkifli Hasan, Arsul Sani, Lestari Moerdijat dan Fadel Muhammad.

"Silaturahim dengan Presiden Joko Widodo sekaligus meminta pandangan beliau guna memastikan beberapa hal teknis lainnya (terkait pelantikan). Presiden mempercayakan sepenuhnya kepada MPR RI sebagai tuan rumah," kata Bamsoet usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Pimpinan MPR memastikan seluruh proses persiapan menjelang pelantikan presiden-wakil presiden telah siap. Koordinasi dengan berbagai lembaga negara seperti KPU, TNI, Polri, BIN, Kementerian Luar Negeri, dan Sekretariat Negara juga terus dilakukan, agar pada hari pelaksanaan pelantikan bisa berjalan khidmat.

"Berbagai ikhtiar sudah dilakukan agar acara pelantikan yang merupakan gong terakhir dalam perjalanan penyelenggaraan Pemilu 2019 bisa kita lalui dengan sukses. Kesuksesan pelantikan bukanlah semata buah hasil kerja MPR RI, melainkan buah hasil kerja Bangsa Indonesia," ujar Bamsoet. 

Kepada Presiden Jokowi, lanjut Bamsoet, pihaknya juga menjelaskan bahwa MPR telah silaturahim sekaligus mengantarkan undangan pelantikan kepada Maruf Amin, Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, kandidat calon presiden-wakil presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Serta malam nanti ke Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

"Kehadiran mereka dalam pelantikan selain membawa kesejukan bagi iklim politik nasional, juga akan membawa pesan penting bahwa para elite politik selalu mengedepankan gotong royong dalam membangun bangsa dan negara. Berbagai luka dan dinamika saat Pemilu 2019 lalu telah kita balut bersama, sehingga masyarakat di akar rumput tak lagi dihadapkan pada potensi perpecahan," jelas Bamsoet.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati