• News

  • Peristiwa

Dari Toilet Umum hingga Satpol PP, Anies Siap Dukung Kebutuhan Pelantikan Presiden

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta.
NNC/Didit
Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemprov DKI menyatakan kesiapannya dalam membantu kebutuhan acara pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.

Hal tersebut dikatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Menurutnya, saat ini Pemprov DKI juga telah melakukan koordinasi dengan Polri dan TNI.

"Alhamdulillah persiapan dari sisi kami di Pemprov DKI Jakarta sudah berjalan sejak bulan lalu. Jadi rapat-rapat koordinasi untuk rute, untuk persiapan keamanan. Kami mendukung persiapan keamanan yang dikerjakan oleh TNI dan Polri," kata Anies, Kamis (17/10/2019).

Soal keamanan saat pelantikan, Anies menyerahkan kepada Polri dan TNI. Pemprov DKI Jakarta hanya memiliki sikap membantu hal yang dianggap butuh, seperti petugas kesehatan.

"Dalam setiap kegiatan-kegiatan seperti itu, kami itu fungsinya adalah membantu pihak kepolisian. Jadi, apa yang dibutuhkan pihak kepolisian, biasa mereka kirim surat, mereka selalu minta misalnya kebutuhan toilet umum mobile. Kemudian kebutuhan tambahan petugas Satpol PP, tambahan petugas Dinas Perhubungan, petugas Dinas Kesehatan," ujarnya.

Sebanyak 30 ribu personel TNI-Polri bersiaga saat pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin menjadi Presiden-Wakil Presiden 2019-2024 pada 20 Oktober 2019. Bahkan pengamanan gedung DPR-MPR dan Istana Presiden dipertebal.
   

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Irawan.H.P