• News

  • Peristiwa

Waspada Hujan Lebat, Angin Kencang dan Petir Selama 3 Hari di Wilayah Ini

Waspada hujan lebat, angin kencang dan petir selama 3 hari ke depan.
BMKG
Waspada hujan lebat, angin kencang dan petir selama 3 hari ke depan.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi adanya potensi hujan lebat hingga angin kencang, kilat/petir dalam tiga hari kedepan, yakni 17 – 19 Oktober 2019 di beberapa wilayan Indonesia.

Hasil pantauan BMKG menunjukkan terdapat Massa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di wilayah sebagian besar Sumatera, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi selatan bag Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Maluku bagian Utara, Papua Barat dan Papua.

Demikian disampaikan Bagian Hubungan Masyarakat dan Biro Hukum dan Organisasi BMKG, Kamis (17/10/2019).

BMKG juga melaporkan, terdapat adanya 1 bibit sikon di Perairan Timur Philipina dengan kekuatan 25 kts dan sirkulasi siklonik di sekitar Perairan Barat Sumatera Utara (level 925 mb/850 mb). Konvergensi terbentuk di wilayah pesisir Utara Aceh - Sumatera Utara, Sumatera Barat.

Sedangkan daerah perlambatan angin terdapat di wilayah Sumatera bagian utara dan tengah, Kalimantan Barat. Low level jet stream dengan kecepatan angin mencapai> 25 knot berpotensi terjadi di wilayah Laut Andaman, Teluk Thailand dan Laut Selatan Arafura.

Pada Kamis (17/10/2019) wilayah yang berpotensi hujan lebat ialah Sumatera Barat, Riau, Kep. Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku.

Sementara untuk besok, Jumat (18/10/2019) wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan.

Sedangkan untuk lusa, Sabtu (19/10/2019) wilayah yang berpontensi hujan lebat yaitu Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Maluku.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir pada hari ini, Kamis (17/10/2019) adalah Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, Kalimantan Barat, Papua.

Sedangkan besok, Jumat (18/10/2019) wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir yaitu Aceh, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Papua.

Sementara untuk lusa, Sabtu (19/10/2019) wilayah yang masih berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir adalah Aceh, Jambi, Kalimantan Barat, Papua.

BMKG menyatakan akan terus memberikan informasi peringatan dini kepada masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati – hati ketika sedang beraktifitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani