• News

  • Peristiwa

Survei: Tak Satupun Anggota FPI dan PA 212 yang Setuju Prabowo Merapat ke Jokowi

Survei: Tak Satupun Anggota FPI dan PA 212 yang Setuju Prabowo Merapat ke Jokowi
Setpres
Survei: Tak Satupun Anggota FPI dan PA 212 yang Setuju Prabowo Merapat ke Jokowi

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Parameter Politik Indonesia melakukan survei untuk mengetahui persepsi publik soal kabar bakal merapatnya Partai Gerindra dengan koalisi parpol pendukung Joko Widodo (Jokowi) dan mendapat jatah menteri di Kabinet Kerja Jilid II.

Survei Parameter Politik Indonesia ini dilakukan dengan wawancara tatap muka (face to face interview) pada 5-12 Oktober 2019 dengan sample 1.000 responden yang dipilih secara acak di 34 provinsi melalui metodologi stratified multi stage random sampling dengan margin of error 3,1 persen pada tingkat kepercayaan publik 95 persen.

Hasilnya, sebanyak 40,5 persen responden tidak setuju Partai Gerindra maupun ketumnya Prabowo Subianto merapat ke kubu Jokowi dan masuk dalam kabinet periode 2019-2024. Sementara yang setuju sebesar 32,5 persen dan tak menjawab 27 persen.

Direktur Eksekusi Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengatakan, mayoritas publik tidak setuju keduanya berkoalisi karena masih ada yang menganggap Pemilu 2019 curang, Prabowo harus konsisten sebagai simbol oposisi, termasuk tudingan Jokowi anti Islam.

Sedangkan yang setuju, lanjut Adi, beralasan bahwa pemilu sudah usai dan menginginkan adanya kinerja baik dari pemerintah. "Bahkan ada juga yang berpendapat bergabungnya Prabowo ke Jokowi akan menguatkan pemerintah 5 tahun mendatang," kata Adi dalam rilis survei Parameter di kantornya, kawasan kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2019). 

Dalam surveinya, Parameter Politik Indonesia juga memetakan persepsi sejumlah ormas keagamaan soal setuju atau tidaknya Prabowo merapat ke kubu Jokowi. Dan hasilnya sebagai berikut;

Nahdatul Ulama (NU)
-Setuju 40%
-Tidak Setuju 37,8%
-Tidak Jawab 22,2%

Muhammadiyah
-Setuju 50%
-Tidak Setuju 48,2%
-Tidak Jawab 1,8%

Persatuan Islam (Persis)
-Setuju 10%
-Tidak Setuju 90%
-Tidak Jawab 0%

Front Pembela Islam (FPI)
-Setuju 0%
-Tidak Setuju 76,7%
-Tidak Jawab 23,3%

Persatuan Alumni 212
-Setuju 0%
-Tidak Setuju 80%
-Tidak Jawab 20%.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani