• News

  • Peristiwa

Gelar Perdana Sriwijaya Ranau Gran Fondo, Ini Harapan Gubernur Sumsel

Gubernur Sumsel saat pembukaan Sriwijaya Ranau Gran Fondo.
Kemenparekraf
Gubernur Sumsel saat pembukaan Sriwijaya Ranau Gran Fondo.

OKU SELATAN, NETRALNEWS.COM –  Sebanyak 279 pesepeda dari dalam dan luar negeri turut ambil bagian dalam kegiatan Kegiatan Sriwijaya Ranau Gran Fondo 2019. Ajang yang beru pertama kali diadakan ini diikuti 276 pesepeda dalam negeri, dan tiga  peserta dari Malaysia, Brunei dan Singapura.

Sedangkan rute yang akan dilewati meliputi Banding Agung - Simpang Sender- Buay Rawan- Muara Dua - Buay Rawan- Simpang Sender- Vila PUSRI Menyusuri pinggiran Danau Ranau kembali ke Banding Agung. Total rute sekitar 115 KM dengan lama tempuh 5-6 jam.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan para peserta nyusuri pinggiran Danau Ranau kembali ke Banding Agung. Total rute sekitar 115 KM dengan lama tempuh 5-6 jam.

“Kami ingin even ini diadakan tiap tahun secara kontinyu. Apalagi infrastruktur dari kota Palembang sudah dibenahi sehingga jalan menuju ke sini sudah semakin mudah,” ujar Herman Deru, saat pembukaan Sriwijaya Ranau Gran Fondo, Sabtu (9/11/2019).

Ia berharap nantinya even ini menjadi  kelas dunia dan sekaligus menjadi ajang promosi pariwisata Danau Ranau ke mancanegara. “Bahkan kami sudah minta akses menuju ke sini semakin terbuka dengan akan dibangunnya bandara Danau Ranau,” tandas Herman Deru.

Menurutnya, dengan adanya event Sriwijaya Ranau Gran Fondo 2019 ini sudah diakui oleh nasional bahkan internasional. Bahkan, optimis dengan adanya event ini Danau Ranau dapat segera menjadi salah satu destinasi wisata andalan nasional ke depannya.
 


“Sekarang Ranau Fondo ini sudah diakui nasional bahkan internasional sehingga kedepan keindahan Danau Ranau dan masyarakatnya semakin dikenal luas,” jelasnya.
 


Pihaknya meminta kepada pemerintah daerah untuk selalu mendukung acara ini bukan sebatas penyelenggara saja. Tetapi event seperti ini juga harus memahai dampaknya bagi perekonomian daerah.

Sekarang Ranau Gran Fondo ini sudah diakui nasional bahkan internasional. Tanpa semua pihak aspek terutama keamanan dan kenyamanan dari masyarakat, juga TNI dan Polri tentu tidak akan bisa. Makanya ini harus didukung semua pihak. Karena Butuh untuk mengamankan dan melakukan pengawasan ini butuh energi,” tandas Herman Deru.

Gubernur juga berharap, Kabupaten OKU Selatan akan selalu mendukung acara ini bukan sebatas penyelenggara saja. Tapi lebih dari Kabupaten ini juga harus paham betul dampak event ini pada perekonomian daerah.

Editor : Sulha Handayani