• News

  • Peristiwa

BMKG Ungkap Ada Aktivitas Gempa Tak Lazim di Wilayah Ini

Ilustrasi kejadian gempa tak lazim.
Twitter @DaryonoBMKG
Ilustrasi kejadian gempa tak lazim.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kepala Bidang Mitigasi, Gempabumi, dan Tsunami, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono ungkap ada aktivitas gempa tak lazim. Fenomena tersebut disampaikan Daryono melalui akun resmi media sosial Twitternya, @DaryonoBMKG.

Kata Daryono, aktivitas gempa tak lazim dengan M=5,0 terjadi di Tinggian Roo (Roo Rise) di Samudra Hindia, Selatan Jawa Timur, di luar Parit Jawa (Java Trench).

"Gempa ini dipicu sesar aktif di dasar laut dan memiliki mekanisme kombinasi mendatar dan turun (oblique normal). Fenomena menarik *emoticon*," cuit @DaryonoBMKG, Rabu (20/11/2019).

Lebih lanjut Daryono menanggapi pertanyaan warga net terkait fenomena yang dikatakan tak lazim. Daryono memberikan keterangan, gempa dikatakan tak lazim karena lokasi tersebut buka zona sumber gempa.

"Itu bukan zona sumber gempa jadi tak lazim sj gpp," kata Daryono.

Daryono lantas imbau masyarakat tidak terlalu khawatir, karena lokasi gempa jauh dan tidak terlalu berdampak. Diketahui bahwa gempa yang diklaim fenomena menarik tersebut terjadi pada Rabu (20/11/2019) subuh.

"Jgn tll kawatir pak ..itu gempanya jauh tdk tll bdampak," tegas Daryono.

aktivitas gempa tak lazim dengan M=5,0 terjadi di Tinggian Roo (Roo Rise) di Samudra Hindia, Selatan Jawa Timur, di luar Parit Jawa (Java Trench).

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan.H.P