• News

  • Peristiwa

Bangun Proyek SJUT, Pemprov DKI Rencanakan Pembebasan 114 Ruas Jalan di Jakarta

Pemprov DKI rencanakan pembebasan 114 ruas jalan di Jakarta.
Seluler
Pemprov DKI rencanakan pembebasan 114 ruas jalan di Jakarta.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Rencana Pemprov DKI Jakarta membebaskan 114 ruas jalan Ibu Kota dari kabel udara lewat proyek proyek Sarana Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT) atau ducting bersama, akan ditindaklanjuti dengan kajian tarif sewa untuk para operator.

Sekretaris Perusahaan Jakpro Hani Sumarno menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi regulasi kepada para pemangku kepentingan terkait proyek ini.

Di antaranya operator telekomunikasi termasuk Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel), serta perusahaan pelat merah seperti PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk atau PGN, dan PD Air Minum Jaya atau PAM Jaya.

"Kita akan bentuk forum diskusi bersama para pemangku kepentingan. Tahap awal ini mungkin kita akan membahas bagaimana teknis kerja sama yang akan berlangsung," kata Hani, Senin (2/12/2019).

Selain teknis pelaksanaan, diskusi ini pun akan menghimpun pendapat para pemangku kepentingan terkait nilai sewa beserta kewajiban operator untuk membayar retribusi dari ducting yang akan disediakan Jakpro.

Namun, Hani mengaku belum bisa menentukan harga sewa. Menurutnya, penentuan tarif akan berbeda-beda di tiap jalan, tergantung beberapa aspek yang masih dikaji.

Seperti diketahui, proyek SJUT ini akan ditangani Badan Usaha Milik Daerah PT Jakarta Propertindo (Jakpro) yang telah ditunjuk oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lewat Pergub No 110/2019 tentang Penugasan Kepada Perseroan Terbatas Jakarta Propertindo dalam Penyelenggaraan SJUT.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Sulha Handayani