• News

  • Peristiwa

Terkait Penembakan di Pangkalan Militer Florida, Ini Instruksi Menhan AS

Menteri Pertahanan Amerika Serikat (Menhan AS) Mark Esper
MilitaryTimes
Menteri Pertahanan Amerika Serikat (Menhan AS) Mark Esper

WASHINGTON, NETRALNEWS.COM - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (Menhan AS) Mark Espermengatakan telah memerintahkan pasukan bersenjata agar meninjau kembali keamanan di pangkalan militer dan penyaringan bagi tentara asing yang hendak menjalani pelatihan di AS pascapenembakan Florida.

Seorang letnan Pasukan Udara Arab Saudi menewaskan tiga orang dan melukai delapan orang lainnya dalam aksi penembakan di pangkalan Angkatan Laut AS di Pensacola, Florida, pada Jumat (7/12/2019) lalu.

Seperti dilaporkan Fox News Sunday, Minggu (8/12/2019) Esper menuturkan bahwa dirinya telah meminta pejabat pertahanan senior "memastikan bahwa kami telah mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan" guna memastikan instalasi militer AS aman.

Esper mengaku pihaknya telah meminta Pentagon "meninjau ulang prosedur penyaringan kami" sebelum para tentara dari berbagai negara menjalani latihan di AS. Ia menggambarkan program tersebut "sangat penting bagi keamanan nasional kita."

Esper juga mengatakan "satu-satunya cara ke depan" untuk menangani perang yang berlangsung lama di Afghanistan "adalah melalui kesepakatan politik" dengan Taliban dan pemerintah Afghanistan.

Menurutnya, AS telah mendapat satu poin di Timur Tengah yakni "kita berhasil mencegah tabiat buruk Iran."

Editor : Sesmawati