• News

  • Peristiwa

Stafsus Milenial Ini Bagikan Kisah Pertama Kali Ikut Kunjungan dengan Jokowi

Staf Khusus Presiden Adamas Belva Syah Devara untuk pertama kali diminta ikut kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Provinsi Banten.
Instagram Adamas
Staf Khusus Presiden Adamas Belva Syah Devara untuk pertama kali diminta ikut kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Provinsi Banten.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Staf Khusus Presiden Adamas Belva Syah Devara untuk pertama kali diminta ikut kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Provinsi Banten

Dia mengaku bersyukur bisa memahami masalah di lapangan di berbagai sektor sekaligus (kesehatan, perindustrian, UKM, infrastruktur). 

1 Sidak RSUD Cilegon 

Saat sidak ke Cilegon, kata dia agenda tidak ada di rundown resmi. Bahkan Gubernur Banten ketika bertanya juga tidak diberitahu, katanya ke lokasi "rahasia". Presiden langsung masuk ke lokasi sidak, interaksi dengan pasien, menanyakan satu per satu apakah pakai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan apakah ada masalah. 

"Berkeliling inspeksi ruang rawat kelas 3, memastikan layak pakai, bahkan sempat duduk menenangkan pasien yg menangis krn suaminya baru dinyatakan meninggal. You can feel his sincerity, warmth, and care. An eye opener for me," jelas pria berusia 29 tahun ini, dikutip dari unggahan Instagramnya, belvadevara, Senin (9/12/2019).

2 Peresmian Chandra Asri 

Ke komplek pabrik petrokimia Chandra Asri, bertujuan menekan impor Indonesia di bahan petrokimia yang masih besar. Kata dia, Jokowi sempat bercerita tidak mau datang apabila groundbreaking saja. Dulu Jokowi mengaku masih mau datang, tapi ternyata setelah groundbreaking tidak jadi juga. "Yang seperti ini bagus, saya datang, sudah nyata dan siap beroperasi. Saya dukung," tulis Belva.

"Saya juga mencatat logistik efisien dari komplek pabrik ini. Hasilnya (bahan baku ban), langsung dipasok ke pabrik ban yang ada tepat di sebelahnya, jadi biaya logistik rendah dan murah daripada impor. Projek besar ini diharapkan jadi pionir dari industri-industri lain, knowledge transfer positif," jelas dia.

3 Pertemuan Mekaar PT PNM 

Nah ini paling menarik. Mekaar meminjamkan 2-8 juta tanpa agunan kepada nasabah dalam grup sosial ibu-ibu. Dikatakan ada kewajiban sosial untuk tetap mengangsur walaupun tanpa agunan. 

Ternyata sampai saat ini, sudah 5,9juta nasabah dalam 4 tahun. Belva klaim, ini sebenarnya mencontoh Grameen Bank, namun sudah mau menyalip karena Grameen nasabahnya mencapai 6,5juta. Non Performing Loan pun rendah. 

"Saya usul kepada Presiden tentang bagaimana jika selain pemodalan, "upskilling" UMKM juga dilakukan secara scalable dan inovatif supaya benar-benar naik kelas," kata Belva.

4 Peresmian ruas Tol Parigi 

Tol ini menghubungkan Banten dan Jakarta, sehingga transportasi barang dri cluster industri banten dan pelabuhan merak Iebih eflsien. 

"Dari kunjungan ini, tugas saya untuk melaporkan ke Presiden apa inovasi-inovasi selanjutnya. Semoga brdampak luas. Aamiin," tutup dia.

 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Widita Fembrian