• News

  • Peristiwa

Ini Penyebab Wanita Alami Dismenore saat Menstruasi

Nyeri haid bisa mengakibatkan wanita cepet emosi, gelisah, malas beraktivitas.
Healthy
Nyeri haid bisa mengakibatkan wanita cepet emosi, gelisah, malas beraktivitas.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Punya temen, pacar, gebetan atau saudara perempuan yang tiba-tiba bete saat lagi haid atau sebelum haid?. bisa jadi dia sedang mengalami nyeri haid atau dismenore.

Nyeri haid bisa mengakibatkan wanita cepet emosi, gelisah, malas beraktivitas hingga kurang percaya diri. Demikian dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Senin (13/1/2020).

Diketahui, tidak semua perempuan mengalami nyeri saat haid, ada juga yang sakit ringan di perut bagian bawah dan bagian punggung bawah.

Rasa sakit tersebut terjadi karena kontraksi pada otot rahim, kontraksi inilah yang mendorong luruhnya lapisan dinding rahim saat kamu menstruasi.

Rasa sakit semasa menstruasi juga tidak berlangsung lama, jika sampai menganggu bisa dikurangi dengan akupresur, pereda rasa nyeri dan obat tradisional.

Saat haid, diimbau Kemenkes agar tidak lupa makan. Diimbau konsumsi makanan yang mengandung banyak protein dan zat besi untuk menganti sel-sel darah merah yang hilang saat menstruasi seperti sayuran, ikan, telur dan daging.


Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani