• News

  • Peristiwa

Fraksi Golkar Sebut Tuntutan Ganti Rugi Warga Terdampak Banjir Merupakan Hal yang Wajar

Sekretaris Fraksi Golkar DPRD DKI, Judistira Hermawan.
DPRD DKI
Sekretaris Fraksi Golkar DPRD DKI, Judistira Hermawan.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Fraksi Golkar DPRD DKI mengatakan, tuntutan ganti rugi yang diajukan masyarakat yang terdampak banjir, adalah hal yang wajar karena masyarakat merasa dirugikan saat musibah banjir yang terjadi pada Rabu (1/1/2020) silam.

"Ya tentu itu menjadi hak masyarakat untuk mengajukan gugatan class action terhadap Pemprov yang dalam menghadapi musibah banjir kemarin merasa dirugikan," kata Sekretaris Fraksi Golkar, Judistira Hermawan, Selasa (14/1/2020).

"Nah tentu ini menjadi kewajiban bagi Pemprov untuk menjawab tuntutan-tuntutan itu ketika tuntutan itu," lanjutnya.

Untuk itu dirinya meminta Pemprov DKI Jakarta bertanggung jawab terhadap tuntutan hingga gugatan masyarakat soal banjir Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut Wawan, demikian dirinya akrab disapa, Pemprov DKI Jakarta wajib bertanggung jawab karena banjir tersebut bukan hanya musibah melainkan juga bentuk ketidaksiapan Pemprov menanggulangi masalah tahunan ibu kota.

Maka tugas Pemprov adalah menghadapi tuntutan hingga memberikan ganti rugi kepada masyarakat yang menuntut.

"Pemprov kami akan minta untuk bisa memberikan insentif. Tentunya semua tuntutan masyarakat adalah menjadi hak masyarakat dan pemprov harus menjawabnya," ujarnya

Meski demikian, Ia mengimbau masyarakat yang ingin menuntut ganti rugi akibat banjir untuk mengikuti prosedur tuntutan termasuk lewat pengadilan.

"Tentu nanti ada yang memproses itu dan ada pihak yang akan memutus," tutur anggota Komisi D ini.

Diketahui, sekitar 700 warga mendaftar gugatan class action karena merasa dirugikan dengan adanya peristiwa banjir beberapa waktu lalu.

Anggota Tim Advokasi Banjir Jakarta Diarson Lubis mengatakan, dari jumlah tersebut disaring sekitar 270 laporan yang lengkap dan telah diverifikasi.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Irawan.H.P