• News

  • Peristiwa

DPR Lantik Dua Anggota PAW Ganti Menteri Kelautan dan Menpora

Pelantikan dua anggota pengganti antar waktu (PAW) DPR periode 2019-2024 dalam Rapat Paripurna DPR
Netralnews/Adiel Manafe
Pelantikan dua anggota pengganti antar waktu (PAW) DPR periode 2019-2024 dalam Rapat Paripurna DPR

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melantik dua anggota pengganti antar waktu (PAW) DPR periode 2019-2024 dalam Rapat Paripurna di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Anggota PAW yang dilantik, yakni Renny Astuti dan Ali Ridha. Keduanya menggantikan anggota DPR 2019-2024 terpilih yang ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi menteri, yaitu Edhy Prabowo (Menteri Kelautan dan Perikanan) dan Zainudin Amali (Menteri Pemuda dan Olahraga).

"Renny Astuti menggantikan Edhy Prabowo dari Fraksi Partai Gerindra dan Ali Ridha menggantikan Zainudin Amali dari Fraksi Partai Golkar," kata Ketua DPR Puan Maharanisaat Rapat Paripurna.

Sebelum dilantik, Renny Astuti dan Ali Ridha terlebih dulu membacakan sumpah janji jabatan sebagai anggota DPR yang dipimpin oleh Puan Maharani.

"Bahwa saya akan mematuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945."

"Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, saya ulang, akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi seseorang dan golongan."

"Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan NKRI," kata Puan diikuti dua anggota PAW tersebut.

Setelah membacakan sumpah sebagai anggota DPR, Puan kemudian menanyakan kepada anggota sidang Paripurna yang hadir apakah dapat menyetujui pelantikan kedua anggota PAW itu.

"Apakah kita dapat melakukan pelantikan anggota Pergantian Antarwaktu DPR RI?" tanya Puan dan dijawab 'sah' anggota DPR yang hadir.

Sekedar informasi, selain pelantikan anggota PAW, Rapat Paripurna hari ini juga beragendakan penetapan Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas tahun 2020. Ada 50 RUU dalam Prolegnas Prioritas 2020, yang di dalamnya terdapat empat RUU omnibus law.

Berdasarkan catatan Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR, Rapat Paripurna kali ini dihadiri 327 anggota dari 575 yang merupakan jumlah keseluruhan anggota DPR periode 2019-2024.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli