• News

  • Peristiwa

Lieus: Stop Bully Anies! Dia Gubernur Hebat yang Berlaku Adil ke Semua Pemeluk Agama

 Lieus Sungkharisma
Netralnews.com/Adiel Manafe
Lieus Sungkharisma

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi Vihara Dharma Bhakti, Petak Sembilan, Tamansari, Jakarta Barat saat berlangsungnya puncak acara perayaan tahun baru Imlek 2571 pada Sabtu (25/1/2020) dini hari. 

Tak hanya mengucapkan selamat tahun baru Imlek, Gong Xi Fat Cai, Anies juga berharap kegiatan Jakarta Imlekan itu dapat berlangsung dengan baik dan bisa menjadi tradisi Jakarta di tahun-tahun mendatang.

"Ini adalah tahun tikus logam. Ini membawa makna tahun di mana ada kemakmuran dan kerja keras yang membawa manfaat kesejahteraan," kata Anies yang malam itu mengenakan kemeja batik berwarna merah menyala. 

Di tengah suasana perayaan yang diwarnai hujan rintik-rintik itu, Anies pun menyebut hujan yang turun akan mencuci masa lalu, membersihkan yang diangggap kurang, dan membawa kebaikan untuk tahun yang akan datang. 

Kehadiran Anies Baswedan di Vihara Dharma Bhakti Petak Sembilan itu, kontan saja mendapat banyak pujian dari kalangan masyarakat Tionghoa. Salah satu datang dari tokoh masyarakat Tionghoa Jakarta, Lieus Sungkharisma. 

Menurutnya, Anies Baswedan adalah sosok yang hebat dan tidak diskriminatif karena memperlakukan semua suku dan agama dengan adil. 

“Anies ternyata tidak diskriminatif. Ia gubernur hebat. Dia perlakukan semua suku dan pemeluk agama yang tinggal di Jakarta dengan adil,” ujar Lieus Sungkharisma dalam keterangan tertulis yang diterima netralnews.com, Senin (27/1/2020). 

Lieus mengatakan, kehadiran Anies selaku gubernur DKI ke berbagai komunitas masyarakat di Jakarta bukanlah yang pertama. 

“Sebagai gubernur, pak Anies telah membuktikan tekadnya perihal komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam memberikan kesempatan yang sama bagi warga dalam mengekspresikan seni budaya secara terbuka,” ujarnya. 

Lieus menyebut, sebelumnya pada Desember 2019 Anies juga berkunjung ke Pura Segara Kemayu, Cilincing, Jakarta Utara. Pada kesempatan itu Anies bahkan memberi bantuan berupa satu unit mesin kremasi kepada warga Hindu di DKI Jakarta. 

Saat itu Anies menyebut, bantuan tersebut adalah bentuk komitmen Pemerintah DKI untuk memperhatikan semua umat beragama, tak terkecuali Hindu. 

“Anies bahkan mengeluarkan Seruan Gubernur Nomor 6 Tahun 2019 untuk perusahaan swasta dan sekolah agar memberikan libur fakultatif bagi umat Hindu untuk memperingati Hari Raya Deepavali,” jelas Lieus. 

Pada saat Natal dan Tahun Baru lalu, lanjut Lieus, Anies Baswedan pun menghadiri perayaan Natal dan tahun baru bersama umat Kristen dan Katolik se-DKI. Acara dengan tema "Menjadi Sahabat bagi Semua Orang" itu berlangsung di Gereja Bethel Indonesia Mawar Saron, Kelapa Gading Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Semua itu, ujar Lieus, menunjukkan Anies Baswedan benar-benar gubernur yang tidak pilih kasih dan diterima oleh semua golongan. “Dia tidak hanya mengutamakan warga Jakarta yang beragama Islam, tapi juga semua umat beragama yang ada di Jakarta,” terangnya. 

Karena itu, Koordinator Forum Rakyat ini meminta pihak-pihak tertentu, apalagi yang bukan penduduk Jakarta, untuk berhenti membully Anies. 

“Berhentilah mengejek dan menghujat Anies dengan kata-kata yang tidak pantas. Apalagi jika ejekan dan hujatan itu tidak didasarkan pada fakta yang sebenarnya,” kata Lieus.

Sebagai warga Jakarta, Lieus mengaku, dirinya sudah melihat dan merasakan sendiri bagaimana Anies bekerja dan memimpin Jakarta. 

“Saya tegaskan, Anies itu gubernur hebat. Kinerjanya sudah terbukti. Beragam penghargaan yang diterimanya dari berbagai lembaga dalam dan luar negeri membuktikan kapasitas dan kapabilitasnya,” pungkas Lieus.  

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati