• News

  • Peristiwa

Pengumuman, FUI Buat Sayembara Tangkap Harun Masiku, Hadiahnya Umrah

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al Khaththath.
Kriminalitas
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al Khaththath.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sekretaris Jendral Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al Khaththat mengimbau kepada seluruh ormas hingga para jawara untuk membantu KPK menemukan dan menangkap tersangka kasus dugaan suap Harun Masiku.

Menurutnya, Harun harus segera ditangkap sebelum pihak-pihak yang anti terhadap KPK melakukan hal-hal lain yang membuat kader PDIP itu sulit ditemukan.

"FUI meminta dan mengajak seluruh ormas dan lembaga Islam, wabilkhusus jawara dan laskar, untuk membantu KPK," kata Al Khaththath di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

"Saya garis bawahi membantu KPK dalam menemukan dan menangkap Harun Masiku secepatnya, sebelum pihak lain yang anti pemberantasan melakukan hal lain," sambungnya.

Al Khaththath menyebut, bagi ormas, jawara ataupun laskar yang menemukan buronan KPK itu, akan diberikan hadiah umrah. Meski demikian, Al Khaththath mengaku hadiah umrah bukan dari FUI, melainkan bila ada donatur yang bersedia.

"Dari FUI mudah-mudahan ada donatur kita yang mengumrahkan, untuk yang menemukan Harun. Mudah-mudahan, saya nggak bilang dari FUI, tapi dari donatur mudah-mudahan," ujarnya.

Selain membuat sayembara, Al Khaththat juga mengimbau supaya Harun menyerahkan diri ke KPK dan mengikuti proses hukum yang ada.

"Kami mengimbau saudara Harun Masiku agar segera menyerahkan diri pada KPK, untuk mengikuti proses hukum lebih lanjut di KPK dan Tipikor," ucap dia.

Lanjut Al Khaththath, pihaknya siap mendampingi Harun, apabila ia merasa takut untuk menyerahkan diri ke KPK. 

"Insya Allah kami dari para aktivis Forum Umat Islam siap mendampingi Harun Masiku, dalam proses penyerahan diri ke KPK bila diperlukan. Apabila ada rasa takut atau apa, kita siap mendampingi," terangnya.

Seperti diberitakan, KPK menetapkan Harun Masiku sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait proses pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR dari PDIP, pada (9/1/2020) lalu.

Karena tak menyerahkan diri, KPK akhirnya mengumumkan Harun sebagai buronan dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) sejak Selasa (21/1/2020).

Selain Harun, dalam kasus ini KPK juga menetapkan tiga tersangka lainnya, yakni eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan, eks anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina, dan kader PDIP Saeful Bahri.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati