• News

  • Peristiwa

Sentilan Fahri: Selamat siang BPIP, Apa dan Siapa Lagi Musuh Pancasila Hari Ini?

Mantan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyentil Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang tengah ramai diperbincangkan.
Twitter @fahrihamzah
Mantan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyentil Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang tengah ramai diperbincangkan.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mantan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyentil Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang tengah ramai diperbincangkan karena pernyataan kontroversial Ketua BPIP, Yudian Wahyudi soal 'musuh terbesar Pancasila adalah agama.'

"Selamat siang BPIP? Apa dan Siapa lagi musuh #Pancasila hari ini? (emoji tertawa)," sentil Fahri lewat akun Twitternya, Kamis (13/2/2020).

Seperti diberitakan, baru sepekan dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala BPIP, Yudian Wahyudi telah membuat pernyataan yang kontroversial dan mengundang reaksi keras dari berbagai pihak.

Dalam wawancara dengan tim  Blak-blakan detik.com, Yudian mengatakan bahwa ada kelompok yang mereduksi agama sesuai kepentingannya sendiri yang tidak selaras dengan nilai-nilai Pancasila.

"Si Minoritas ini ingin melawan Pancasila dan mengklaim dirinya sebagai mayoritas. Ini yang berbahaya. Jadi kalau kita jujur, musuh terbesar Pancasila itu ya agama, bukan kesukuan," papar Yudian.

Setelah pernyataannya itu menuai kecaman, Yudian Wahyudi pun memberikan penjelasan bahwa dia tidak bermaksud mempertentangkan  Pancasila dan agama.

"Yang saya maksud adalah bahwa Pancasila sebagai konsensus tertingi bangsa Indonesia harus kita jaga sebaik mungkin," kata Yudian kepada detikcom, Rabu (12/2/2020).

Yudian mengatakan, Pancasila sendiri bersifat agamis. Nilai yang terkandung dalam tiap sila dengan mudah dapat ditemukan dalam kitab suci enam agama yang diakui Indonesia. Pancasila dan agama punya hubungan yang baik.

"Jadi hubungan antara Pancasila dan agama harus dikelola sebaik mungkin," ujar Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga ini.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Irawan.H.P