• News

  • Peristiwa

Kecolongan Rekomendasi TACB, Lagi-Lagi Anies Jadi ‘Korban‘ Anak Buah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
foto: istimewa
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Kembali, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi sorotan publik. Gegara dinilai kecolongan soal rekomendasi Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) dalam surat izin pelaksanaan Formula E di Monas yang dikirimkan ke Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Akibatnya, ia kembali menjadi bahan pergunjingan berbagai pihak. Berbagai kalangan menilai bahwa dirinya telah menjadi korban kelalaian jajarannya. Di sisi lain, ia juga tak berhati-hati dalam mengambil keputusan.

Hal ini terbukti karena belakangan, Ketua Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Provinsi DKI Jakarta Mundardjito mengaku tak merekomendasikan pegelaran Formula E di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Ini menunjukkan bahwa keterangannya berbeda dengan poin dalam surat Anies.

Namun, Anies hingga kini masih belum menjelaskan mengapa polemik bisa terjadi. Sedangkan pihak Dinas Kebudayaan DKI Jakarta telah menjelaskan lebih dulu.

"Kan sudah (dijelaskan) dari Kepala Dinas (Kebudayaan)," ucap Anies kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (14/2/2020).

Sebelumnya, Anies juga disorot gegara mengangkat Donny Andy S Saragih sebagai Direktur Utama (Dirut) TransJakarta baru. Padahal, status Donny Saragih tercatat sebagai terpidana kasus penipuan.

Selain dugaan manipulasi rekomendasi TACB, setidaknya ada beberapa kasus lain yang menunjukkan bagaimana Anies kecolongan, antara lain kasus anggaran lem aibon, penghargaan Diskotek Colosseum, dan kasus Food Court di Pulau Reklamasi.

Editor : Taat Ujianto