• News

  • Peristiwa

Gempabumi Magnitudo 3,9 Guncang Wilayah Nganjuk, Ini Dampak dan Imbauan BMKG

Ilustrasi alat pengukur kekuatan gempa
Victory
Ilustrasi alat pengukur kekuatan gempa

NGANJUK, NETRALNEWS.COM - Kepala Stasiun Geofisika, BMKG Nganjuk M Chudori melaporkan, pada Jumat (14/2/2020) pada pukul 14:55:04 WIB, Wilayah Nganjuk, Kediri dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik.

Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=3.9 dengan pusat gempabumi terletak pada koordinat 7.71 LS - 111.98 BT, tepatnya berada di darat pada jarak 12 km BaratLaut Kediri dengan kedalaman 7 Kilometer.

Kata dia, dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan  di wilayah Nganjuk dan Kediri dengan Skala Intensitas II - III MMI. 

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," kata dia, Jumat (14/2/2020).

Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

"Kepada Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut," kata dia.

Pastikan juga informasi resmi Gempabumi dengan Skala Magnitudo kurang dari 5 (lima) hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui website (http://www.bmkg.go.id/).

Hingga laporan ini dibuat pukul 15:28 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan satu kali aktivitas gempabumi susulan (aftershock). 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli