• News

  • Peristiwa

Anies Gubernur DKI Paling Wanprestasi, Denny: Ini Mah Gak Perlu Survei, Kasat Mata

Pegiat media sosial Denny Siregar
Global Moeslem
Pegiat media sosial Denny Siregar

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pegiat media sosial Denny Siregar mengomentari hasil survei Indo Barometer yang menunjukkan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta paling wanprestasi dibandingkan dengan para pendahulunya.

Menurut Denny, tak perlu survei untuk mengetahui Anies sebagai Gubernur DKI paling wanprestasi, sebab hal tersebut bisa dilihat secara kasat mata. 

"Ini mah gak perlu survey.. Kasat mata (emoji tertawa)," tulis Denny di akun Twitternya, @DennySiregar7, Senin (17/2/2020). 

Sebelumnya diberitakan, survei terbaru Indo Barometer menunjukkan, Anies Baswedan menjadi Gubernur DKI paling wanprestasi selama menjabat, jika dibandingkan dengan Gubernur DKI Jakarta lainnya, yakni Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (BTP/Ahok). 

“Inilah rapor tiga Gubernur DKI terakhir menurut masyarakat Indonesia. Joko Widodo 31 persen, Basuki Tjahja Purnama 25,8 persen dan Anies Baswedan 15,2 persen. Sementara yang tidak menjawab/tidak tahu sebesar 28 persen," papar Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari, pada Minggu (16/2/2020).

Hasil tersebut didapat dari penilaian responden soal kinerja Jokowi, Ahok dan Anies dalam mengatasi berbagai persoalan di Ibukota, baik itu soal banjir, kemacetan, ekonomi, pendidikan hingga kesehatan. 

Untuk mengatasi masalah banjir, Ahok dinilai paling berhasil dengan meraih suara sebesar 42 persen, disusul Jokowi 25 persen, dan Anies 4,1 persen. Sementara yang tidak menjawab/tidak tahu sebesar 28,9 persen. 

Masalah kemacetan, Ahok 35,3 persen, disusul Jokowi 25,3 persen dan Anies 8,3 persen. Yang tidak menjawab/tidak tahu sebesar 31,1 persen. 

Masalah ekonomi warga, Jokowi 33,8 persen, Ahok 18,4 persen dan Anies 18 persen. Sementara yang tidak menjawab/tidak tahu sebesar 29,8 persen. 

Soal pendidikan, Jokowi dengan 35,1 persen, diikuti Anies 25,3 persen dan Ahok 15,3 persen. Sementara yang tidak menjawab/tidak tahu sebesar 24,3 persen. 

Soal masalah kesehatan, Jokowi 35 persen, Anies 20 persen dan Ahok 17 persen. Sementara yang tidak menjawab/tidak tahu sebesar 26,2 persen. 

Sebagai informasi, pelaksanaan survei ini dilakukan pada 9-15 Januari 2020 pada 34 Provinsi. Jumlah survei ini sebanyak 1.200 responden dengan margin of error kurang lebih sebesar 2,83 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden survei merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu warga yang mempunyai berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan.

Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden dengan menggunakan kuisioner.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati