• News

  • Peristiwa

Gus Sahal: Pak Jokowi, Apakah Ada Lomba Paling Error Tingkat Menteri?

Pengurus Cabang Istimewa Nahdatul Ulama (PCINU) Amerika Serikat Akhmad Sahal (Gus Sahal).
triknews.net
Pengurus Cabang Istimewa Nahdatul Ulama (PCINU) Amerika Serikat Akhmad Sahal (Gus Sahal).

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul  Ulama (PCINU) Amerika Serikat Akhmad Sahal (Gus Sahal) bertanya ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal apakah di Kabinet Indonesia Maju ada 'lomba paling error tingkat menteri.'

Hal tersebut ditanyakan Gus Sahal lantaran ia menilai banyak menteri yang bicara tanpa dasar alias asal bunyi (ceblang ceblung).

Pertanyaan sindiran itu disampaikan Gus Sahal lewat akun Twitternya dalam mengomentari usulan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy agar dibuat fatwa orang kaya untuk menikahi orang miskin.

"Pak Jokowi, apakah di kabinet sekarang ada perlombaan paling error tingkat menteri? Kok banyak yang pernyataannya ceblang ceblung," cuit @sahal_AS, Rabu (19/2/2020).

Sebelumnya, Menko PMK Muhadjir Effendy mengusulkan kepada Menteri Agama Fachrul Razi untuk menerbitkan fatwa terkait pernikahan lintas status ekonomi, dimana orang miskin diwajibkan menikah dengan orang kaya, pun sebaliknya.

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk mengatasi masalah kemiskinan baru serta tafsir agama soal pernikahan yang harus dilakukan antara dua orang yang setara atau kufu.

"Mbok disarankan sekarang dibikin Pak Menteri Agama ada fatwa; yang miskin wajib cari yang kaya, yang kaya cari yang miskin," kata Muhadjir dalam sambutannya di acara Rapat Kerja Kesehatan Nasional di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (19/2/2020).

"Di Indonesia ini kan ada ajaran agama yang kadang-kadang disalahtafsirkan, kalau mencari jodoh yang setara, apa yang terjadi? Orang miskin cari juga sesama miskin, akibatnya ya jadilah rumah tangga miskin baru, inilah problem di Indonesia," ujarnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Irawan.H.P