• News

  • Peristiwa

Banjir ‘Dipansuskan‘, Pengamat Nilai Elektabilitas Gubernur Anies Malah Bakal Meroket

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago.
voxpolcenter.com
Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Badan Musyawarah (Bamus) DPRD DKI menyetujui pembentukan panitia khusus (Pansus) penanganan banjir.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai, pembentukan pansus penanganan banjir akan membuat elektabilitas Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan makin meroket.

"Dengan langkah pansus, Gubernur DKI justru akan semakin populer dimata pemilih," kata Dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/2/2020).

Diketahui, usulan pembentukan Pansus banjir yang digagas sejumlah fraksi DPRD DKI Jakarta kembali mencuat setelah sejumlah wilayah Jakarta kembali terendam banjir.

Lebih lanjut Pangi mengatakan, langkah politis via pansus adalah jalan yang sangat sulit, berliku bahkan akan membuang-buang energi kalau ada agenda untuk mengerus elektabilitas.

"Dinamika internal di DPRD juga tidak seragam, butuh energi ekstra agar Pansus Banjir bisa mengarah ke impeachment," ujar Pangi.

Menurut Pangi, menjegal Anies untuk menghentikan langkahnya menjadi calon presiden dengan cara-cara kasar seperti ini justru akan menuai simpati publik. Dalam pendekatan "underdog effect”, terlihat seperti di-zhalimi, maka pemilih akan beramai-ramai berempati.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Irawan.H.P