• News

  • Peristiwa

Jokowi Tak Mudik ke Solo, Ferdinand: Sudah Betul Itu Pak, Nanti Dikarantina Walikota Solo

Presiden Jokowi dan keluarga rayakan Lebaran di Istana Bogor.
Setpres
Presiden Jokowi dan keluarga rayakan Lebaran di Istana Bogor.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo untuk tidak mudik ke kampung halamannya di Solo saat Idul Fitri 1441 H tahun ini.

Menurut Ferdinand, Presiden bisa terancam kena karantina oleh Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo. Sang walikota sudah sejak lama menegaskan bahwa jika presiden nekat mudik ke Solo, maka ia tak segan untuk mengkarantina sang pemimpin negara tersebut.

“Sudah betul itu pak, nanti dikarantina sm Walikota Solo pak Rudi,” kata Ferdinand di akun Twitternya, Sabtu (23/5/2020).

Sebelumnya diberitakan bahwa Presiden Jokowi memutuskan untuk berlebaran di Istana Bogor. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Juru Bicara Presiden Bidang Sosial, Angkie Yudistira, Sabtu (23/5).

"Presiden Joko Widodo memastikan tidak akan mudik ke Solo pada Lebaran tahun ini. Besok (24/5), Presiden akan merayakan Idul Fitri di Istana Bogor, Jawa Barat," kata dia dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu (23/5).

Angkie mengatakan Presiden tidak mudik ke Solo sebagai komitmen penerapan jaga jarak dan mengurangi potensi penyebaran Covid-19. Dia menyampaikan Presiden selama ini beraktivitas di Ibu Kota Jakarta.

Presiden meskipun menggunakan skema bekerja dari rumah dalam setiap aktivitasnya serta meminimalkan kegiatan di luar. Jakarta wilayah dengan kategori zona merah penyebaran Covid-19.

Oleh karena itu, Presiden dan keluarga tetap akan berada di Istana dalam pelaksanaan Idul Fitri 1441 Hijriah. "Untuk silaturahmi atau 'open house' sementara ditiadakan mengingat kondisi yang tidak memungkinkan," kata Angkie.

Komunikasi dengan jajaran kabinet dan pimpinan lembaga setingkat, kata dia, tetap dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan. Sejauh ini, setiap agenda pertemuan berlangsung secara daring dan belum ada arah untuk interaksi jarak dekat.

Meskipun sedang dalam suasana Idul Fitri, Presiden menegaskan akan tetap memantau perkembangan situasi nasional, utamanya penanganan pandemi Covid-19.

Angkie mengingatkan kembali kepada seluruh masyarakat, saat silaturahim bersama keluarga, Minggu (24/5), meskipun dalam lingkup kecil, agar tetap memperhatikan jarak interaksi serta menjaga kebersihan. "Salam hangat Presiden Joko Widodo untuk seluruh umat Muslim dan warga Indonesia, Selamat Idul Fitri 1441 Hijriah. Taqobbalallahu Minna wa Minkum, mohon maaf lahir dan batin," ujar Angkie.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sulha Handayani