• News

  • Peristiwa

Sindir Jokowi Tak Disiplin Pakai Masker, Tengku Zul: Budaya Bangsa Mulai Rusak, Budaya ABS

Presiden Joko Widodo
Twitter
Presiden Joko Widodo

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Mejelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain, mengunggah foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan pembukaan salah satu mal di Bekasi.

Dalam foto tersebut terlihat presiden Jokowi berjalan didampingi lima orang yang memakai masker,  Jokowi juga memakai masker tapi tidak menutupi mulut dan hidungnya, masker hanya menutupi dagu sang presiden.

Tengku Zul dalam cuitannya mengatakan bahwa bangsa ini mulai rusak dengan budaya asal bapak senang (ABS). Karena para petugas tidak berani menegur  atau mengingatkan presiden Jokowi yang tidak disiplin dalam memakai masker.

Dia juga membandingkan aturan yang diterapkan terhadap Habib Umar Asegaf yang ditegur petugas salah satunya karena sopirnya tidak memakai masker.

"Budaya bangsa ini mulai RUSAK. Budaya ABS, Asal Bapak Senang. Sudah jelas Presiden @jokowi TIDAK DISIPLIN pakai masker, tapi Anggota Polisi Pakaian Dinas di belakangnya DIAM SAJA, tidak berani menegur atau mengingatkan.

Sama Habib Umar Asegaf kemarin KOKOH sekali pakai ATURAN...," tulis Tengku Zul, Kamis (28/5/2020).

Baru-baru ini Habib Umar Assegaf viral di media sosial. Hal itu terkait aksinya yang melanggar aturan PSBB di Surabaya. Ia juga terlihat saling dorong dengan petugas yang berjaga karena tak terima diingatkan.

Kejadian ini terjadi pada Rabu (20/5/2020) sekitar pukul 16.45 WIB. Mobil hitam berpelat N1B yang ditumpangi Habib Umar diberhetikan di exit tol Satelit Surabaya. Ia kemudian diperintahkan untuk putar balik.

Beberapa pelanggaran yang dilakukan Habib Umar beserta rombongan salah satu di antaranya yaitu sang sopir tidak memakai masker. Selain itu, penumpang di dalam mobil juga melebihi kapasitas yang telah ditentukan selama PSBB.

Dalam peraturan PSBB di Surabaya, ada juga ketentuan yang menyebut mobil dengan pelat selain L (Surabaya) dan W (Sidoarjo/Gresik) diharuskan putar balik saat memasuki Kota Pahlawan tersebut.

Video viral itu sempat diunggah ulang oleh akun Instagram @lambe_turah. Nyatanya, meski Habib Umar melakukan pelanggaran PSBB, banyak warganet yang justru membelanya.

"Petugas mulai kacau, tidak taat kepada Habib. Tolong dihargai itu keturunan Rasulullah," ujar @rioziqty_iltizam.

Editor : Sesmawati