• News

  • Peristiwa

HNW: Buya Hamka Nyatakan Sila Pertama Pancasila Ibarat Akar Tunjang untuk Sila Lainnya

Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid
Istimewa
Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid (HNW) mengomentari cuitan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie terkait sila-sila yang tercantum dalam Pancasila.

Jimly menuliskan menurut Buya Hamka sila kedua sampai kelima ibarat angka nol dalam bilangan 10.000 yang baru bermakna karena ada angka satu, tanpa adanya angka satu bilangan 10.000 itu tidak ada nilainya. Begitu juga menurut proklamator Bung Hatta karena adanya sila pertama yang utama Ketuhanan yang Maha Esa.

"Sila 2 s/d 5 Pancasila menurut Buya HAMKA ibarat angka 0 dlm bilangan 10.000 = 0, yg baru bermakna karena angka 1 atau sila pertama & utama, seperti istilah Bung Hatta, yaitu Ketuhanan Yg Maha Esa," tulis Jimly Asshiddiqie di akun Twitternya @JimlyAs  Minggu (28/6/2020).

Terkait hal itu Hidayat Nur Wahid juga menambahkan menurut Buya Hamka sila pertama Pancasila juga ibarat akar tunjang untuk sila-sila yang lainnya.

"Buya HAMKA juga nyatakan; sila pertama Pancasila (keTuhanan YME) adalah ibarat akar tunjang unt sila2 lainnya. Itu mirip dg pernyataan Bung Hatta soal posisi KeTuhanan YME sbg sila pertama thd sila2 berikutnya dari Pancasila," tulis Hidayat Nur Wahid di akun twitternya @hnurwahid, Minggu (28/6:2020).

Cuitan HNW pun direspon oleh netizen dengan berbagai komentar. Berikut komentar netizen yang terpantau Netralnews.com, Senin (29/6/2020).

@aadd_dk: Ada sebagian manusia yang menantang Tuhannya  berusaha memisahkan langit dengan buminya

memisahkan manusia dengan agamanya

memusuhi islam dengan umatnya

mengadu domba dengan siasatnya

Tapi DIA menjawab dengan petir dari langitnya

guncangan dari buminya

DIALAH ALLAH YANG MAHA ESA

@bambangsknt: Benar sekali pak. Ketuhanan adalah pokok dari sila lainnya. Makanya rakyat heran, kenapa saat diperas jadi gotong royong ?

@IdamunFarida5: Rakyat bangkit membela PANCASILA. Bukti rakyat mencintai dan memahaminya.

Lha BPIP yg digaji selangit kok mingkem, trus apa yg mrk fahami tentang PANCASILA?

#BUBARKANBPIP

Editor : Sesmawati