• News

  • Peristiwa

Jakarta Punya Stadion Berstandar FIFA Tahun 2022

Jakarta International Stadium
Construction Plus Asia
Jakarta International Stadium

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemprov DKI Jakarta menargetkan pada tahun 2022 ibu kota miliki stadion berstandar FIFA. Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) hingga kini masih terus berjalan.

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz berharap stadion ini dapat menjadi ikon Jakarta dan meningkatkan prestasi olahraga.

"Target yang ditetapkan pada tahun 2022, stadion sepakbola berstandar FIFA sudah dapat digunakan. Ini ikon baru Jakarta yang berguna bagi warga dan mengangkat citra Ibukota dan meningkatkan prestasi olahraga," kata Aziz, Senin (29/6/2020).

Ia juga mengapresiasi kinerja PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku penanggung jawab pembangunan JIS yang terus berjalan di tengah situasi pandemi COVID 19. 

"PembangunanJIS tetap berjalan di tengah situasi keuangan yang sulit, namun PT Jakpro tetap menyelesaikan pekerjaan sesuai tahapan. Keseriusan BUMD yang mendapat mandat sangat luar biasa,"ujar Abdul Azis, Senin (29/6). 

Ia berharap kondisi keuangan di masa mendatang cepat pulih, sehingga Pemprov DKI Jakarta mengucurkan dana Penyertaan Modal Daerah (PMD) ke PT Jakpro untuk penyelesaian pembangunan JIS. 

Selain itu, Aziz juga mendukung upaya PT Jakpro meminta bantuan pinjaman dana ke Bank DKI untuk pembangunan JIS. 

"Sinergi antar-BUMD sangat penting sehingga pembangunan JIS tetap berjalan dan rampung sesuai target mengingat Penyertaan Modal Daerah (PMD) PT Jakpro tahun 2020 belum terealisasi," paparnya. 

Sementara, Direktur Utama PT Jakpro Dwi Wahyu Daryoto mengungkapkan, pembangunan JIS hingga saat ini menggunakan dana milik perusahaan dan pihak kontraktor, karena PMD 2020 yang ditetapkan sebesar Rp1,1 triliun lebih belum dapat dicarikan.

"Alternatif yang dipersiapkan, kami sudah berkomunikasi dengan direksi Bank DKI terkait pinjaman alokasi dana talangan untuk keberlangsungan pembangunan JIS hingga akhir 2020," tuturnya. 

Ia optimis pembangunan JIS akan terus berlanjut hingga pengerjaan akhir 2020. Target awal, pembangunan JIS pada akhir 2020 mencapai 46,76 persen dengan alokasi dana PMD sekitar Rp1,18 triliun. 

"Namun, target pascakondisi wabah COVID-19 di ibu kota menjadi 38,04 persen dengan alokasi dana sekitar Rp900 miliar," ujarnya.

Editor : Y.C Kurniantoro