• News

  • Peristiwa

Panen Dua Kali, Budi Daya Lebah Trigona Dapat Dukungan

Foto bersama usai panen dan pemisahan koloni lebah.
Istimewa
Foto bersama usai panen dan pemisahan koloni lebah.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta August Hamonangan mengunjungi Kelompok Tani Hutan (KTH) Manunggal Giri, RT 03/07 Kelurahan Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Dalam kunjungannya, August didampingi lima petugas penyuluh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta yang dikoordinir oleh Sugeng Santoso dan Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Manunggal Giri, Jio, untuk melihat proses budi daya, khususnya pemisahan koloni lebah Trigona guna memperbayak jumlah koloninya.

Sebelum meninjau langsung proses pemisahan koloni lebah Trigona, August menyempatkan diri untuk berbincang santai bersama para petugas penyuluhan dan mencicipi langsung madu hasil panen dari koloni lebah yang sudah ada.

Pemisahan koloni lebah tersebut dilakukan dengan membagi satu koloni yang sudah ada menjadi tiga koloni baru yang terbagi menjadi lima setup (sarang). Setiap setup koloni, berisi sekitar 300 ekor lebah Trigona.

"Ini adalah panen kedua. Beliau sudah sukses panen kedua. Sama-sama tadi kita lihat proses upaya dari lebah ini. Lebah Trigona, lebah yang tidak menyengat bisa menghasilkan madu," kata August

Sementara Ketua KTH Manunggal Giri, Jio, dalam kesempatan yang sama mengungkapkan harapannya agar budi daya ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. 

"Saya semangat untuk budi daya madu Trigona, mudah-mudahan yang akan datang atau tahun yang akan datang bisa bermanfaat bagi kelompok dan orang lain," katanya.

Sementara itu, Koordinator Penyuluh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Sugeng Santoso menambahkan, "Alhamdulilah hari ini kita bisa panen madu Trigona untuk yang kedua kali. Madu ini kita titipkan ke kelompok tani di Manunggal Giri. Nyatanya juga tadi kita lihat hasilnya. Selain kita dapat madu, kita juga dapat koloni baru."

Sugeng menambahkan bahwa KTH Manunggal Giri sudah memanen madu sebanyak dua kali. Ia juga menjelaskan proses pembudidayaan lebah ini memiliki jadwal panen sekali dalam enam bulan, dengan hasil satu liter per koloni, sekali panen.

Usai melihat proses pemecahan koloni dan panen madu, August bersama para penyuluh juga meninjau tanaman yang menjadi makanan lebah Trigona, yakni bunga air mata pengantin, batavia, dan Xanthostemon. 

Editor : Y.C Kurniantoro