• News

  • Peristiwa

Potong 9 Hewan Kurban, Balkoters Salurkan Bantuan ke Petugas Pamdal, PJLP dan Ojol

Balkoters turut merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah dengan memotong 9 hewan kurban
Istimewa
Balkoters turut merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah dengan memotong 9 hewan kurban

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Koordinatoriat Wartawan Balai Kota-DPRD DKI Jakarta atau akrab disebut Balkoters turut merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah dengan memotong 9 hewan kurban. Ke-9 hewan itu merupakan donasi dari mitra Balkoters selama ini.

"Semoga, kehadiran Balkoters dalam berkurban bisa meringankan kebutuhan protein warga di sekitar Balai Kota Jakarta, baik wartawannya, pamdal, PJLP, maupun tukang ojek dan masyarakat sekitar," kata Ketua Panitia Balkoters Berkurban, Asropih di Jakarta Barat, Sabtu (1/7/2020).

Menurutnya, donasi hewan kurban berasal dari berasal dari PAM Jaya (sapi), PT Pembangunan Jaya Ancol (2 ekor domba), PT Jakarta Tourisindo (kambing), Perumda Pasar Jaya (kambing), Kepala Dinas Parekraf (kambing), Anggota Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Wahyu Dewanto (kambing), Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino (kambing) dan Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Yuke Yurike (kambing).

"Pemotongan hewan kurban dilakukan di Lapangan Komplek Pajak Meruya, Jakarta Barat dengan protokol kesehatan. Warga dan pengurban tidak diperbolehkan datang, hanya pelaksana pemotongan saja yang boleh ada di lapangan. Sementara, distribusi daging qurban dilakukan di Pressroom Balai Kota sore harinya," ujar Asropih. 

Sementara Ketua Koordinatoriat Wartawan Balaikota-DPRD DKI Jakarta, Sammy Edward Wattimena menuturkan, Balkoters Berqurban merupakan kegiatan pertama kali wartawan Balai Kota selama sejarah berdirinya Koordinatoriat Wartawan Balaikota-DPRD DKI Jakarta.

Dia berharap, kehadiran Balkoters bisa meringankan beban anggota dan warga sekitar saat menghadapi Pandemi Covid-19 ini.

"Ini pertama kalinya kami resmi mengadakan kurban. Kalau secara individu anggota, mungkin banyak. Saya harap, kemitraan yang terjalin dengan SKPD, DPRD dan BUMD semakin terjalin baik. Karena, kolaborasi wartawan dengan perangkat di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus tetap dijalankan demi mencapai kota yang maju dan bahagia warganya," kata Sammy.

Baginya, makna kurban bagi umat muslim ialah menjalankan syariat agama Islam dengan menyembelih hewan-hewan tertentu, pada saat hari raya dan hari tasyrik, dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah.

"Jadi kita maknai bahwa semangat berkurban ini bagian dari pada kita berupaya agar COVID-19 ini segera berakhir, kita mendekatkan diri kepada Allah melalui penyembelihan Hewan Kurban," ucapnya.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan bahwa disamping upaya setiap orang untuk mendekatkan diri kepada Allah, semangat berkurban juga momentum untuk membantu antarsesama di tengah COVID-19.

Dikatakan Sammy, setiap umat muslim yang diberi kemampuan oleh Allah, maka tidak memiliki alasan untuk tidak melaksanakan kurban tersebut.

"Jangan jadikan alasan tidak berkurban ini karena kondisi pendemi COVID-19," ujarnya

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Sesmawati