• News

  • Peristiwa

Penambahan Kasus Baru, Jubir: Kumulatif COVID-19 di Mimika Mencapai 542 Kasus

Juru Bicara Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Mimika Reynold Ubra
Antara
Juru Bicara Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Mimika Reynold Ubra

TIMIKA, NETRALNEWS.COM - Juru Bicara Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Mimika Reynold Ubra di Timika, Papua Sabtu (1/8/2020) malam mengatakan terdapat penambahan empat kasus baru terkonfirmasi positif COVID-19 di Mimika sehingga secara kumulatif menjadi 542 kasus..

"Untuk hari ini tanggal 1 Agustus 2020 terdapat penambahan empat kasus baru positif, semuanya berasal dari Distrik Tembagapura," kata Reynold.

Dalam dua hari terakhir, katanya, penambahan kasus baru positif COVID-19 di Mimika cukup signifikan yaitu 14 orang, dimana 10 pasien baru terkonfirmasi positif COVID-19 terjadi pada Jumat (31/7/2020). Di antara 10 orang pasien baru positif COVID-19 itu, tujuh orang di antaranya juga berasal dari Distrik Tembagapura.

Hingga Sabtu (1/8/2020), jumlah pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari kasus COVID-19 di Mimika tercatat sebanyak 452 orang.

Sedangkan pasien yang sedang menjalani perawatan dan isolasi di rumah sakit kini tercatat sebanyak 84 orang dan pasien yang meninggal dunia tercatat enam orang (kematian akibat COVID-19 di Mimika terjadi pada periode April dan Mei).

Reynold mengatakan pada awal penularan COVID-19 di Mimika yaitu pada periode Maret hingga Mei, wilayah terdampak penularan virus corona itu mencakup tujuh distrik (kecamatan), 18 kelurahan dan sembilan kampung (desa).

Namun saat ini, katanya, persebaran kasus aktif COVID-19 di Mimika terkonsentrasi pada empat distrik yaitu Tembagapura, Mimika Baru, Wania dan Kuala Kencana, 15 kelurahan dan satu kampung.

Distrik dengan status zona kuning yaitu Distrik Kuala Kencana dan Distrik Wania, sementara distrik dengan status zona merah yaitu Distrik Mimika Baru dan Distrik Tembagapura.

Untuk tingkat kelurahan, hanya terdapat satu kelurahan dengan status zona merah persebaran COVID-19 di Mimika yaitu Kelurahan Tembagapura yang menjadi konsentrasi pemukiman dan perkantoran karyawan PT Freeport Indonesia dan berbagai perusahaan subkontraktornya.

Editor : Nazaruli