• News

  • Peristiwa

Ungkit Asal Usul Bergelar Ustaz, Tengku Zul Dapat Sebutan ‘Wong Sekti Kebal Hukum‘

Wasekjen MUI, Tengku Zulkarnain
Indopolitika.com
Wasekjen MUI, Tengku Zulkarnain

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sosok Tengku Zulkarnain selalu menjadi sorotan warganet di sosial media. Pernyataan-pernyataannya yang menyentil Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) selalu disorot. Di sisi lain, tak sedikit warganet yang mengkritisi Tengku Zul.

Beberapa waktu lalu, Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Dewi Tanjung mempertanyakan asal usul Ustaz Tengku Zulkarnain. Ia mempertanyakan hal itu setelah beredarnya potongan video ceramah Tengku Zul yang membandingkan gaya bicara dan budaya orang Jawa dengan Sumatera. Ceramah Tengku Zul itu banjir  kritik dan kecaman di media sosial.

Hingga Minggu (2/8/2020), pernyataan Dewi Tanjung yang mempersoalkan siapa yang memberikan sebutan "ustaz" kepada Tengku Zul masih digunjingkan sejumlah netizen. Bahkan ada warganet yang menjulukinya 'wong sekti kebal hukum'.

Salah satunya adalah akun FB @Suparti Tambuwun. Melalui akun FB-nya, ia kembali mengangkat pernyataan Dewi Tanjung.

Si Zulkarnaen itu asli orang mana sih .....?
Kadang ngaku Aceh, Padang keturunan Pagaruyung lalu Medan dan kadang ngaku orang Riau, tulis Dewi Tanjung
Ia juga mempertanyakan gelar ustaz yg disandang Tengku Zul tersebut .
Sebab menurut dia Tengku Zul belum layak mendapat gelar ustaz lantaran pemahaman agamanya belum mumpuni

Cuitan Suparti Tambuwun direspons berbagai komentar.

@Deni Budianto: Intinya MUI nggk bermutu cuma bikin cap halal yg duitnya dipake apa kagak tau.. akuntan publikpun tdk bisa audit. Apakah baiknya dibubarkan saja?

@Wityak Sono: Wong sekti kebal hukum buktine kok ra ndang di proses .

@Bangbonos: BAGI ORANG INI HUKUM DI DUNIA TDK BERLAKU TPI HUKUM DI AKHERAT MSH BERLAKU . DI AKHERAT NNTI UCAPANNYA AKAN DI PERTANGGUNG JAWABKAN DI HADAPAN ALLAH SWT

Marfinus: Ustad lontong sayur

Sebelumnya diberitakan, Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Dewi Tanjung mempertanyakan asal usul Ustaz Tengku Zulkarnain.

"Si Zulkarnaen itu asli orang mana sih? Kadang ngaku Aceh, Padang keturunan Pagaruyung, lalu Medan dan kadang ngaku orang Riau," tulis Dewi di akun Twitternya, @DTanjung15, Minggu (26/7/2020).

Selain soal asal usul Tengku Zul, Dewi juga mempertanyakan gelar ustaz yang disandang Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu. Pasalnya, Dewi menilai, Tengku Zul belum layak mendapat gelar ustaz lantaran pemahaman agamanya belum mumpuni.

"Manusia ini asli mana lalu siapa yang menjadikan dia itu USTAD? Pemahaman agamanya masih Cetek banget kok udah berani ngaku jadi ustad," cuit Dewi Tanjung.

Dikutip dari Wikipedia, Tengku Zulkarnain yang lahir di Medan, Sumatera Utara, 14 Agustus 1963 merupakan seorang ustaz berdarah Melayu Deli dan Riau.

Editor : Taat Ujianto