• News

  • Peristiwa

Spanduk HUT 75 RI Sekilas Ada Tanda Salib, Aa Gym: Maklumi Kalau Diprotes

Tokoh Agama Ustaz Abdulah Gymnastiar
Tokoh Agama Ustaz Abdulah Gymnastiar

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tokoh Agama Ustaz Abdulah Gymnastiar atau yang akrab dengan panggilan Aa Gym menilai, sangat bisa dimaklumi bila terjadi perbedaan pendapat. Pernyataan ini disampaikan setelah melihat spanduk resmi pemerintah untuk 17 Agustus 2020.

"Memang sekilas seperti ada tanda salib yang besar. Juga harus kita maklumi bila ada yang mempertanyakan dan protes," kata Aa Gym, dikutip dari cuitannya, Selasa (11/8/2020). 

Kata Aa Gym, juga bisa dimaklumi bila ada yang semangat 17-an menjadi berkurang karena merasa kurang nyaman. Keadaan itu biaa terjadi walau berbaik sangka tak ada niat tak adil dibalik semua ini.

Menurut Aa Gym, yang bisa jadi pelajaran adalah dalam situasi banyak masalah seperti sekarang ini, seyogyanya semua pihak berpikir berlapis-lapis. Semua pihak dijarap berpikir bijaksana dan sangat peka terhadap peluang terjadinya masalah baru yang tak perlu.

"Semoga ulang tahun ke 75 ini, bangsa kita semakin adil dan dewasa serta diberkahi Alloh Pencipta kita semua.. aamiiin," harap dia.

Aa Gym juga imbau masyarakat tetap menjaga kerukunan dan rasa persaudaraan dalam keberagaman di negeri yang kita cintai. 

Dilansir dari laman Kementerian Sekretariat Negara pada Pedoman Identitas Visual, gambar yang dimaksud Aa Gym merupakan supergraphic. Supergraphic ini terdiri dari sepuluh elemen yang diambil dari dekontruksi logo 75 tahun. 

Logo tersebut dipecah menjadi sepuluh bagian yang merepresentasikan komitmen dan nilai luhur Pancasila.

"Untuk pengaplikasiannya supergraphic cukup flexible karena bersifat abstrak yang merupakan rakitan dari sepuluh pecahan tadi menjadi satu kesatuan bentuk," tulis Pedoman Identitas Visual tersebut.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli