• News

  • Peristiwa

Komentari Pidato Jokowi di Sidang MPR, Politisi PKS: Kita Perlu Presiden Bukan Aktor

Komentari Pidato Jokowi di Sidang MPR, Politisi PKS: Kita Perlu Presiden Bukan Aktor
Setpres
Komentari Pidato Jokowi di Sidang MPR, Politisi PKS: Kita Perlu Presiden Bukan Aktor

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Politisi PKS Mardani Ali Sera mengkomentari pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sidang tahunan MPR 2020. Diketahui, Jokowi menyatakan terjadi kontraksi ekonomi di negeri kita.

Menurut Mardani, ini ironi, mengingat pemerintah sudah memiliki Perpu Nomor 1 menjadi UU Nomor 2 Tahun 2020 yang memberi banyak keleluasaan.

"Kita perlu aksi dr pidato pak @jokowi. #PresidenHarusAksi," kata Mardani, dikutip dari cuitannya, Jumat (14/8/2020).

Mardani akui, kondisi ekonomi tetap turun padahal kita telah memiliki Perppu Covid-19 yang perlu dilihat secara detil penyebabnya. Menurutnya, Idonesia bisa lebih baik lagi karena berbeda dengan negara lainnya yang bergantung pada ekspor.

"Mengingat kita memiliki pasar dalam negeri yang besar dengan sumber daya alam yang melimpah. #PresidenHarusAksi," tegas dia.

Menurutnya, Presiden perlu memimpin langsung dan jangan hanya marah tetapi tanpa aksi. Presiden diminta lakukan focusing anggaran dan berani potong yang belum mendesak lalu dialokasikan pada sektor kesehatan, ekonomi dan pendidikan. Presiden juga diminta tutup lembaga yang bisa digabung seperti mulai dari Kementerian.

"Pandemi mengajarkan banyak hal bisa didelegasikan. Saatnya ambil kebijakan tidam populer dan berani," tegas dia.

Apabila perlu, Jokowi diminta mengambil langkah reshuffle karena saat ini tiap hari dalam keraguan harus dibayar oleh nyawa dan ekonomi masyarakat.

"Reformasi besar hanya terwujud kalau ada leadership yang kuat. Kita memerlukan presiden bukan aktor. Ada aksi dan kebijakan yg dihasilkan. Ayo pak presiden saatnya ambil aksi," jelas dia.


Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani