• News

  • Peristiwa

Ini Upaya Kemendes PDTT Tingkatkan Kualitas SDM Petani di Perdesaan

Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Sekjen Kemendes PDTT) Anwar Sanusi.
Kemendes PDTT
Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Sekjen Kemendes PDTT) Anwar Sanusi.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Anwar Sanusi mengatakan, untuk meningkatkan kualitas SDM petani di perdesaan diperlukan akses pendidikan dan edukasi. Selama ini, petani menjual hasil panennya tanpa melalui proses produksi yang panjang.

"Contohnya begini, kalau padi hanya setelah panen, dikeringkan lalu dijual. Artinya dijual dalam kondisi basah dijual," kata Anwar Sanusi saat Kuliah Online Akademi Desa 4.0 baru-baru ini.

Padahal, kata dia, seandainya petani di perdesaan tersebut diberikan edukasi maka bisa menjual hasil panennya setelah melalu proses yang panjang.

Misalnya dijual dalam bentuk beras atau juga bisa dijual dalam bentuk tepung yang harganya jauh lebih mahal. Dengan demikian, juga dapat menyerap tenaga kerja di perdesaan.

"Disitu beras pun bisa dijual dengan tingkatan yang berbeda-beda sesuai dengan kualitas, kalau kita ajarkan," kata Anwar Sanusi yang saat ini menjabat Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan.

Di sisi lain, dia mengakui, kualitas SDM di desa masih tergolong rendah hingga pengolahan hasil pertanian kurang maksimal.

Menurut Anwar Sanusi, mayoritas petani di perdesaan masih menggunakan sistem yang serba tradisional. Sehingga, perlu diberikan akses pendidikan dan edukasi untuk meningkatkan kualitas petani di perdesaan.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli