• News

  • Peristiwa

Andre: Ahok Jangan Merasa Diri Sebagai Politisi yang Cari Panggung, Kasian Pertamina

Politisi Gerindra Andre Rosiade.
Demokrasi
Politisi Gerindra Andre Rosiade.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade menilai, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (BTP/Ahok) telah membuat gaduh dan kinerjanya juga biasa-biasa saja.

Karenanya, Andre mengusulkan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri BUMN Erick Thohir mencopot Ahok dari jabatan Komut Pertamina

Usulan itu disampaikan Andre setelah Ahok membongkar borok manajemen Pertamina. Berbagai permasalahan Ahok buka dari mulai melobi menteri hingga persoalan gaji direksi. Pernyataan tersebut Ahok ungkapkan dalam video yang diunggah di akun YouTube POIN pada Senin (14/9/2020).

"Pak Presiden Jokowi yang saya hormati, setelah melihat kinerja dan perilaku saudara BTP sebagai Komut Pertamina, saya usulkan ke pak Jokowi dan pak Menteri Erick Thohir untuk mencopot saudara BTP dari jabatannya karena menimbulkan kegaduhan dan kinerja yang bersangkutan juga biasa-biasa saja," tulis Andre di akun Twitternya, Selasa (15/9/2020).

Saat hadir sebagai narasumber dalam acara Kabar Petang TV One yang diunggah di akun YouTube tvOneNews, Rabu (16/9/2020), Andre kembali menjelaskan alasan dirinya meminta Presiden dan Jokowi mencopot Ahok.

Menurutnya, jika Ahok menemukan ada masalah dalam manajemen Pertamina, maka seharusnya dibicarakan saat rapat direksi dan komisaris di perusahaan plat merah itu atau dilaporkan kepada pemegang saham yang mewakili pemerintah, dalam hal ini Kementerian BUMN.

"Ini kan sudah menimbulkan kegaduhan berulangkali. Kalau Komut tau aturan dan etika koorporasi, Pak Ahok itu menyampaikan dalam rapat komisaris dan direksi, kalau tidak percaya dengan direksi berarti tinggal bersurat ke pemegang saham yang mewakili pemerintah, Kementerian BUMN, untuk mengusulkan copot direksi Pertamina, laporkan ke Kementerian BUMN, tidak bicara di luar," ungkapnya.

"Apalagi sekarang Pertamina itu membangun citra positif. Di semester pertama mereka rugi, tapi di semester dia pendapatnya sudah mulai untung Juni kemarin, sekitar 443 juta USD. Kita butuh citra positif kepada Pertamina, bukan citra negatif mulu," sambung Andre.

Lebih lanjut, politisi Partai Gerindra itu mengingatkan agar Ahok paham akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Komut Pertamina dan tidak merasa diri sebagai politisi yang mencari panggung.

"Harapan saya, Pak Ahok sebagai Komut Pertamina jangan lagi merasa diri sebagai politisi yang butuh cari panggung, menggunakan hal ini untuk mencari panggung, kasian Pertamina," pungkas Andre.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani