• News

  • Peristiwa

Banjir di Tengah Pandemi, Dewi: Kita Nantikan Gebrakan Anies, Akan Melawan Sunatullah?

Politisi Partai PDI Perjuangan Dewi Tanjung
Istimewa
Politisi Partai PDI Perjuangan Dewi Tanjung

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Politisi Partai PDI Perjuangan Dewi Tanjung ikut menyoroti ancaman banjir di kota Jakarta di tengah situasi pandemi Covid-19. Dewi mengaku kasihan dengan warga yang tinggal di bantaran Kali Ciliwung. Karena Itu ia sangat menantikan gebrakan dari Gubernur Anies Baswedan mengatasi masalah ini.

"Banjir di Tengah Corona kasihan warga yg tinggal di bantaran Ciliwung.

Apa persiapan Gubernur Seiman Anis Baswedan untuk menghadapi kedatangan air kiriman dari Ciliwung.

Apa dia akan Melawan Sunatullah memasukan air ke gorong2 lalu di buang ke laut ?

Kita nantikan Gebrakan anis," tulis Dewi di akun Twitternya, Senin (21/9/2020).

Sementara Itu, dilansir dari siaran pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kondisi di Pintu Air Katulampa saat ini sudah berada dalam level SIAGA 1.

BPBD Kota Bogor melaporkan adanya kenaikan level Tinggi Muka Air (TMA) Bendung Ciliwung-Katulampa hingga 250 sentimeter (Cm) pada Senin (21/9) pukul 18.18 WIB. Dengan adanya kenaikan TMA tersebut, maka status dinaikkan menjadi Siaga 1.

Adapun kronologi kenaikan TMA tersebut adalah; Pukul 17.00 WIB/TMA 0 Cm/Gerimis Halus (Siaga 4), Pukul 17.49 WIB/TMA 40 Cm/Gerimis (Siaga 4), Pukul 17.53 WIB/TMA 120 Cm/Hujan (Siaga 3), Pukul 17.58 WIB/TMA 170 Cm/Hujan (Siaga 2), Pukul 18.04 WIB/TMA 200 CM/Hujan (Siaga 2), Pukul 18.10 WIB/TMA 220 Cm/Hujan (Siaga 1), Pukul 18.17 WIB/TMA 240 Cm/Hujan (Siaga 1) dan Pukul 18.18 WIB/TMA 250 Cm/Hujan (Siaga 1).

Berdasarkan data kronologi di atas, kenaikan TMA dari level Siaga 4 menjadi Siaga 1 terjadi dalam kurun waktu kurang lebih satu jam saja. Hal itu dipicu oleh tingginya intensitas hujan di sebagian besar wilayah Bogor.

Dalam hal ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat dan pemangku kebijakan di daerah setempat untuk mengantisipasi adanya potensi bencana yang dapat dipicu oleh faktor cuaca dan fenomena alam tersebut dan meningkatkan kesiapsiagaan.

Seperti diketahui, beberapa wilayah di DKI Jakarta berada di bantaran sepanjang Kali Ciliwung sehingga kerap mengakibatkan banjir tiap kali debit air di Katulampa naik.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Nazaruli