Netral English Netral Mandarin
19:24wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Perjalanan Youssof Altoukhi, Pengusaha 16 Tahun yang Bisnis Case HP Hingga Luncurkan Mata Uang Kripto

Selasa, 10-Agustus-2021 16:00

Youssof Altoukhi, Pengusaha 16 Tahun yang Bisnis Case HP
Foto : Monex
Youssof Altoukhi, Pengusaha 16 Tahun yang Bisnis Case HP
57

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Perkenalkan, dia adalah Pengusaha Muda Youssof Altoukhi. Usianya baru 16 tahun tetapi dia baru saja meluncurkan Mata Uang Kripto, Y Coin. 

Youssof dibesarkan di London, Inggris dan mulai mengenal dunia usaha saat menjual produk ke teman-teman di sekolah.

Dia sempat menerima printer 3-D sebagai hadiah ketika masih di sekolah dasar dan telah belajar cara membuat produk khusus. Dia memutuskan membuat casing HP khusus untuk teman-teman dan terus belajar dari kesalahan.

Dia kemudian membuat situs website dasar untuk mempermudah orang mengakses dan memesan barang yang dia jual. Tidak banyak pesanan tetapi terbukti menjadi pengalaman berharga dalam dunia bisnis online.

Ide bisnis berikutnya adalah di bidang yang dia minati dengan menjual kembali sepatu kets dan pakaian edisi terbatas. Dia membuat Instagram serta situs website dan membeli beberapa sepatu kets. 

Dia mengiklankan bisnisnya di Google Maps yang tidak dilakukan oleh pesaingnya saat itu karena mereka berfokus pada platform media sosial lainnya. Dia menjalankan bisnis ini selama lebih dari setahun sebelum menyadari bahwa logistik, pergudangan, dan sisi fisik bisnis di samping sekolah dan komitmen lainnya terlalu banyak. 

Mulai Berinvestasi 

Ingin menjelajahi sesuatu yang lebih pasif yang tidak melibatkan elemen fisik yang menyertai penjualan produk, Youssof mulai mencari lebih dalam untuk berinvestasi di pasar saham. Dia membuat akun perdagangan latihan untuk mendapatkan pengalaman.

Setelah mencoba, dia mulai menginvestasikan sejumlah uang di pasar saham ketika dia berusia 10 tahun. Pada tahun 2016 ia menemukan pasar cryptocurrency. Dia melakukan penelitian untuk memahami dasar-dasar Bitcoin. 

Memiliki dasar yang baik dan berinvestasi dalam koin yang menguntungkan, dia menghasilkan pengembalian yang signifikan. Namun, ada masalah yang terus muncul dalam peluncuran koin yang dia temukan sehingga dia tidak sepenuhnya nyaman sehingga memutuskan untuk meluncurkan koinnya sendiri. 

Meluncurkan Y Coin 

Masalah yang ditemukan Youssof dengan banyak koin baru yang diluncurkan adalah bahwa model pemerintahannya tidak demokratis. Dia merasa struktur yang lebih baik akan mendorong lebih banyak pendatang baru ke dunia saham. 

Mengingat hal ini, Youssof merekrut tim dan mengembangkan Y Coin ($YCO) yang merupakan koin transfer dan pembayaran menggunakan model tata kelola yang demokratis. Ini akan menjadi koin komunitas di mana setiap orang memiliki suara yang sama terlepas dari berapa banyak yang mereka miliki, seperti dilansir dari laman Forbes, Selasa (10/8/2021).

Aplikasi 'Y Hub' akan diluncurkan di iOS, Android, dan Desktop pada akhir September 2021. Selain tata kelola yang demokratis, akan ada transfer gratis tanpa biaya kepada pengguna yang mengirim transaksi melalui aplikasi.

Pada akhirnya, tujuannya tidak hanya untuk menciptakan koin lain tetapi juga komunitas di mana orang dapat memiliki pengalaman yang mulus dan diberi insentif untuk terus terlibat dengan platform. 

Ini adalah proyek yang sangat ambisius untuk seseorang yang sangat muda, tetapi Youssof sangat bersemangat untuk membuat perubahan, kewirausahaan, dan kemampuan kripto untuk mengubah dunia jika dilakukan dengan benar.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani