Netral English Netral Mandarin
23:06wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Perlukah Kita Menggunakan Masker HEPA Filter? Ini Penjelasan Pakar

Rabu, 18-Agustus-2021 20:00

Hepa Filter memiliki fungsi menyaring bakteri.
Foto : LG Electronics
Hepa Filter memiliki fungsi menyaring bakteri.
21

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menggunakan masker sekarangini sudah menjadi bagian dari kehidupan. Beraktivitas di luar maupun di dalam kerap kita harus menggunakan masker, dan kadang jika mengenakan kacamata ada masalah karena keluar embun. Dengan begitu pemilihan masker menjadi sangat penting bagi masyarkat sekarang ini.

Bagaimana jika ada masker yang menggunakan  High Efficiency Particulate Air (HEPA) Filter?.

 Dr dr Reno Budiman,MSc, SpB, mengatakan masker ini sangat unggul dibandingkan masker konvensional, Memiliki hep filter dapat menyaring 99 persen virus dan bakteri yang berbahaya.

Pengalamannya, masker ini ternyata sangat nyaman dibandingkan generasi sebelumnya dan lebih ringan. Menggunakan terus menerus dan hanya buka saat makan song dan tidak mengganggu sama sekali.

Masker yang digunakan dengan hepa filter ini tidak menimbulkan iritasi kulit dan baterai tahan lama. Salah satu fitur tambahan di generasi sebelunya adalah adagia voice on.

HEPA Filter

HEPA alias High Efficiency Particulate Air adalah jenis filter udara mekanis yang bekerja dengan menyaring debu, asap rokok, bulu hewan, dan lainnya yang terdapat dalam udara.

Filter tersebut dapat membantu menjaga kemurnian udara di dalam rumah Anda. HEPA filter biasa ditemukan pada alat penyedot debu dan air purifier yang dijual secara bebas di pasaran.

Kebanyakan orang memanfaatkan filter jenis ini untuk mencegah reaksi alergi dan serangan asma, karena mampu menyerap partikel-partikel yang sangat kecil.

“HEPA filter disebut sebagai penyaring partikel yang kuat, karena mampu menyaring partikel ukuran 0.3 mikron. Sistem kerja HEPA filter adalah dengan menyaring udara dan membersihkannya,” kata dr. Devia Irine Putri, dilansir dari Halodoc.

Perlu diketahui, dalam sistem HVAC (Heating Ventilating Air Conditioning), udara yang ada dalam suatu ruangan biasanya akan disaring melalui prefilter melalui medium filter, baru kemudian disaring lagi melalui HEPA filter.

Jika sudah melalui dua proses ini, maka udara yang ada di dalam ruangan akan terasa sangat bersih.“HEPA filter memang harus dipantau terus kondisinya. Sebab, jika sampai rusak, fungsinya dalam menyaring partikel menjadi tidak optimal,” tambah dr. Devia.

Sebuah perusahaan Korea baru saja mengkonfirmasi bakal segera memasarkan generasi terbaru air purifier wearable di Indonesia. 

Dengan tetap mempertahankan keberadaan HEPA filter untuk performa pembersihan udara seperti pada seri perdananya, pemurni udara berbentuk perangkat sandang terbaru produk ini dikatakan memiliki bobot lebih ringan dan kenyamanan untuk berbicara tanpa mesti melepasnya. 

“Semakin tingginya kesadaran masyarakat akan kebersihan udara yang dihirup dalam berbagai aktivitasnya ditambah dengan besarnya atensi masyarakat pada seri perdana PuriCare Wearable Air Purifier, memantapkan kami membawa generasi berikutnya yang membawa berbagai peningkatan untuk lebih memberi kenyamanan penggunaan,” ujar Satrio Mulyo P, Part Leader Air Solutions PT LG Electronics Indonesia.

Dengan tetap mempertahankan keberadaan HEPA filter untuk performa pembersihan udara seperti pada seri perdananya, pemurni udara berbentuk perangkat sandang terbaru ini dikatakan memiliki bobot lebih ringan dan kenyamanan untuk berbicara tanpa mesti melepasnya.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati