Netral English Netral Mandarin
10:39wib
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku siap maju menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Presiden Joko Widodo ingin agar pelaksanaan penyuntikan booster vaksin Covid-19 dilakukan mulai awal 2022.
Pernah Jadi Primadona, Lima Destinasi Wisata Ini Sekarang Terbengkalai

Rabu, 06-Oktober-2021 09:00

Kolase tempat wisata terbengkalai dan angker di Indonesia.
Foto : Istimewa
Kolase tempat wisata terbengkalai dan angker di Indonesia.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Sering kita merasa penat dan stress akibat pekerjaan yang menumpuk. Untuk menghilangkan rasa penat tersebut dapat diatasi dengan berkunjung ke suatu objek wisata. Kita pun dapat mengajak keluarga serta teman-teman untuk meramaikan suasana.Destinasi-destinasi wisata tersebut umumnya akan ramai dengan para pengunjung. Apalagi pada masa liburan tiba. Orang-orang bahkan rela menempuh jarak jauh untuk sampai ke destinasi wisata favoritnya. 

Di indonesia sendiri banyak destinasi-destinasi populer yang sering di kunjungi oleh wisatawan. Mulai dari wisatawan lokal sampai mancanegara. Namun siapa sangka beberapa destinasi wisata populer ini dapat ditinggalkan pengunjunganya dan sekarang jadi terbengkalai.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 destinasi wisata di Indonesia yang dulunya populer tetapi sekarang jadi terbengkalai.

1. Kampung Gajah Wonderland

Destinasi wisata ini terletak di kota Bandung. Mengusung taman bermain sebagai konsep utamanya, destinasi ini sempat menjadi tempat favorit pada tahun 2010an. Beragam wahana lengkap berada disini, seperti formula kart, delman royal, buggy family, hingga kolam ombak yang menjadi wahana andalan saat tempat ini masih ramai pengunjung.

Namun sayang, manajemen perusahaan ini mengalami kebangkrutan pada tahun 2017 dan ditinggalkan oleh pengunjungnya. Alhasil semua wahana yang ada di dalamnya dibiarkan begitu saja hingga berkarat. Yang tadinya destinasi ini menjadi destinasi wisata menyenangkan sekarang berubah menjadi destinasi wisata horror.

2. Taman Festival Bali

Walaupun destinasi wisata ini berada di lokasi terkenal yang banyak di kunjungi oleh turis mancanegara, tidak dapat dipungkiri destinasi ini juga dapat ditinggalkan oleh pengunjungnya. 

Dibuka dan dibangun dengan megah pada tahun 1997 destinasi wisata ini menyajikan wahana permainan kebun binatang, amphiteather, hingga wisata alam. Sayangnya tak bertahan lama dari pembukaannya, 2 tahun kemudian destinasi wisata ini ditutup karena bangkrut.

Destinasi wisata yang terletak di kota Denpasar ini dibiarkan terbengkalai begitu saja dan tak terurus. Bukan hanya itu saja, taman festival ini pernah mengalami kebakaran pada tahun 2012 lalu sehingga makin menimbulkan kesan menyeramkan bagi siapa saja yang mengunjungi tempat ini.

3. Bounty Beach Club Bungalow

Hotel yang terletak di pulau Gili Meno, Lombok ini dulunya ramai pengunjung pada tahun 2000an. Namun sekarang destinasi wisata ini berubah menjadi destinasi wisata horor.

Sempat tenar pada masanya bangunan kokoh ini saat ini dibiarkan begitu saja terbengkalai. Ada dua cerita yang dipercaya oleh warga setempat penyebab terbengkalainya tempat ini. Yang pertama yaitu berhubungan dengan peristiwa bom Bali dan yang kedua berhubungan dengan kematian misterius sang pemilik hotel.

4. Taman Remaja Surabaya

Sebagai destinasi yang dulunya menjadi andalan kota pahlawan Surabaya, tempat ini bisa dibilang memiliki wahana permainan yang cukup lengkap. Mulai dari boom-boom car, rumah hantu, mini coaster dan masih banyak lagi wahana lainnya.

Setelah dinyatakan pemerintah Surabaya lantaran dianggap tidak memenuhi beberapa syarat pembangunan, kini Taman Remaja Surabaya berhenti beroperasi dan dibiarkan terbengkalai begitu saja. Wahana permainan yang masih bisa digunakan pun hanyalah wahana rumah hantu.

5. Kolam Renang Singandaru

Ditutup sejak tahun 1980an kolam renang ini menyimpan banyak cerita mistis di dalamnya. Seperti munculnya penampakan anak kecil. Dikabarkan banyak korban anak kecil yang di tarik ke dalam kolam renang tersebut hingga tenggelam.

Kini bangunan ini dipenuhi dengan ilalang, pepohonan dan semak belukar. Kolam renangnya pun berisi lumut dan air keruh yang tak jelas asalnya. 

Reporter : Kalingga Murda
Editor : Irawan HP