Netral English Netral Mandarin
11:37wib
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi tentang peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk Minggu 1 Agustus 2021. Seluruh gerai Giant di Indonesia resmi tidak lagi beroperasi di Indonesia mulai hari ini, Minggu (1/8/2021).
Cara Perpanjang SIM Secara Online, Tak Perlu Capek Mengantre Lagi

Senin, 14-Juni-2021 15:20

Ilustrasi mengemudi mobil.
Foto : Istimewa
Ilustrasi mengemudi mobil.
23

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kini pengajuan permohonan perpanjangan masa berlaku surat izin mengemudi (SIM) A dan C dapat dilakukan secara daring sejak April 2021. Layanan perpanjangan SIM secara daring ini dinamakan SINAR (SIM Nasional Presisi) yang merupakan bagian dari aplikasi Digital Korlantas Polri. 

Perlu diingat, bagi yang akan melakukan perpanjangan masa berlaku SIM tidak memerlukan tes sama sekali baik tes teori, psikotes, ataupun tes praktik. Rangkaian tes tersebut hanya diperlukan untuk pembuatan SIM baru. 

Lebih detail, berikut cara mengirimkan permohonan perpanjangan SIM secara daring: pertama kamu harus mengunduh aplikasi "Digital Korlantas Polri" melalui Google Play Store bagi para pemilik gawai dengan sistem operasi Android. Saat ini, aplikasi tersebut memang belum tersedia untuk pengguna iOS. 

Baca Juga :

Setelah selesai mengunduh, buka aplikasi dan masukkan nomor ponsel beserta alamat e-mail guna verifikasi identitas. Pemohon akan mendapatkan nomor OTP yang dikirim ke nomor ponsel yang telah ditulis. 

Kode OTP ini yang nantinya dimasukkan pada aplikasi sebagai bukti verifikasi. Lalu masukkan NIK dan nama lengkap sesuai KTP. Nantinya akan dilakukan verifikasi data tersebut melalui face recognition.

Baca Juga :

Jika data sudah valid, layanan perpanjangan masa berlaku SIM secara daring siap digunakan. Pada aplikasi tersebut, pilih fitur "SINAR" lalu pilih perpanjangan SIM. Pemohon dapat memilih golongan SIM, kemudian unggah foto KTP, foto SIM lama, foto tanda tangan, dan pasfoto pemohon. 

Unggah pula hasil pemeriksaan kesehatan. Selanjutnya, pemohon diberi pilihan metode pengiriman, diambil sendiri oleh pemohon, atau diambil wakil lewat surat kuasa, atau menggunakan jasa pengiriman. 

Baca Juga :

Untuk pembayaran, pemohon bisa membayar melalui rekening virtual account bank BNI. SIM akan diproses dan diterima pemohon sesuai metode pengiriman. Sesudah menerima SIM yang baru, pemohon melakukan konfirmasi pada aplikasi.

Dengan adanya aplikasi perpanjangan SIM online ini, masyarakat dimudahkan karena tidak perlu lagi mengantri di Samsat.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP