3
Netral English Netral Mandarin
05:38 wib
Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelusuri dugaan korupsi Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah dalam sejumlah proyek infrastruktur lainnya di Sulsel. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan program vaksinasi mandiri atau gotong royong tidak ditujukan untuk komersil.
Persoalan Internal Parpol Diselesaikan dengan Musyawarah Mufakat, Tak Perlu Libatkan Publik... 

Rabu, 03-Februari-2021 22:00

Foto :
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo mengatakan, energi bangsa ini harus difokuskan pada penyelesaian problem mengatasi Covid-19 dan dampaknya bagi pertumbuhan ekonomi. 

Karenanya, Benny mengingatkan kepada seluruh elemen bangsa, khususnya elit politik untuk tidak menghabiskan waktu membahas hal-hal yang kontra produktif yang mengancam persatuan bangsa.

“Energi bangsa ini harus difokuskan pada penyelesaian problem mengatasi Covid dan dampaknya bagi pertumbuhan ekonomi dengan cara semua elit politik menghentikan polomik persoalan internal partai politik,” ujar Benny kepada awak media, Rabu (3/2/2021).

Rohaniwan yang akrab disapa Romo Benny ini juga berpesan kepada partai politik yang ada di Indonesia agar lebih fokus pada agenda bagaimana politik etis yang lebih mengedepankan nilai-nilai luhur bangsa, yakni jalan musyarah dan mufakat.

“Persoalan dalam partai politik hendaknya diselesaikan dengan cara musyawarah mufakat, tidak perlu menguras energi melibatkan publik untuk berpolemik,” ujarnya. 

Lebih lanjut, Romo Benny berpesan agar ruang publik diisi dengan hal yang positif, harapan dan rasa optimisme, sehingga ke depan bangsa ini bisa keluar dari permasalahan yang tengah dihadapi Indonesia serta masyarakat global, yakni krisis ekonomi sebagai efek dari pandemi Covid-19.

“Kedepan ruang publik mengarusutamakan keadaban politik yang mengaktualisasikan nilai, ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, keadilan dalam keutamaan politik. Politik berkeadaban tundukkan pada norma kemanusiaan dan keadilan,” tandasnya. 

Ruang publik, lanjut Benny, merupakan ruang demokratis atau wahana diskursus masyarakat, yang mana warga negara dapat menyatakan opini-opini, kepentingan-kepentingan dan kebutuhan- kebutuhan mereka secara diskursif.

“Penting ruang publik di hiasi dengan ide-ide untuk mewujudkan cita-cita oara pendiri bangsa, yakni politik kesejahteraan menjadi habitus partai politik,” pungkas Benny.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani