Netral English Netral Mandarin
15:00wib
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 optimistis target capaian program vaksinasi virus corona di Indonesia akan rampung sesuai target awal pemerintah yakni pada Desember 2021. Kasus COVID-19 meningkat drastis selama seminggu terakhir. Rumah sakit hingga Wisma Atlet melaporkan bed occupancy rate yang terus meningkat.
Persoalkan Pilih Sumbang Palestina Ketimbang Saudara Sendiri? Ulil: Mestinya Persoalkan Jokowi Sumbang Masker ke India

Senin, 24-Mei-2021 13:37

Ulil Abshar Abdalla
Foto : Istimewa
Ulil Abshar Abdalla
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ulil Abshar Abdalla mengkritik pihak-pihak yang mempersoalkan sebelum memberikan sumbangan ke Palestina, hendaknya bantu yang ada di Indonesia. 

Ulil balik mempermasalahkan mengapa Indonesia malah menyumbang ventilator ke India di tengah Indonesia masih membutuhkan alat memerangi pandemi Covid-10.  

"Orang2 yg keberatan terhadap sumbangan untuk Palestina, dg alasan masih banyak yg perlu disumbang di dalam negeri, mestinya bilang ke Pak Jokowi ketika nyumbang ventilator dan masker ke India kemaren: "Kenapa ngga dipakai untuk dlm negeri dulu, Pak?" kata Ulil, Senin 24 Mei 2021.

Selain itu, sebelumnya ia juga tegas menyentil soal  jumlah sumbangan dari Indonesia ke Palestina  dibandingkan dengan sumbangan Amreika ke Israel.

“Bantuan rutin dari AS sebesar 3,8 milyar tiap tahun untuk Israel jauh lebih besar dari bantuan semua orang Indonesia untuk Palestina. Belum termasuk senjata yg dipasok Amerika untuk membunuhi warga Gaza. Ngga ada yang menyoal dari kalangan propagandis Israel ini,” tegas Ulil.

Sejumlah netizen memberikan tanggapan, berikut di antaranya: 

wahyuhari: “Karena seolah² jika main isu palestina gaungnya wow, tapi ketika isu dalam negeri kok kesannya setengah hati. Apalagi di kasus² intoleransi minoritas. Mekaten yai.”

adithia: “Memang begitu selalu ad pro kontra yg bicara di medsos sambil rebahan,biarin aja.”

Jams: “Cuma britanya bnyak ga nyampe kesana ya sumbangannya? Mungkin mas ulil tau klo memang nyampe yah...”

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Sesmawati