3
Netral English Netral Mandarin
17:20 wib
Partai Demokrat memecat sejumlah kader yang dianggap terlibat dan mendukung gerakan pengambilalihan kepemimpinan partai atau kudeta. Pertumbuhan jumlah orang kaya raya atau crazy rich di Indonesia diproyeksi bakal melampaui China seiring dengan proses distribusi vaksin Covid-19 dilakukan.
Pesona 15 Wisata Karanganyar Terbaru yang Sayang untuk Dilewatkan

Rabu, 27-January-2021 23:12

Grojogan Sewu
Foto : Joglosemar News
Grojogan Sewu
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Apakah Anda kangen jalan−jalan, menikmati alam, dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabat? Jika ya, tidak ada salahnya menjadikan wisata Karanganyar sebagai destinasi tujuan liburan.

Karanganyar sendiri merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sragen di bagian Utara, Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur di bagian Timur, Kabupaten Wonogiri di bagian Selatan, serta Kabupaten Boyolali, Kota Surakarta, dan Kabupaten Sukoharjo di bagian Barat.

Wisata Karanganyar menawarkan para wisatawan pesona alam, mulai dari air terjun, bukit, perkebunan, gunung, hingga peninggalan sejarah seperti candi. Penasaran? Berikut 15 wisata Karanganyar terbaru yang sayang untuk dilewatkan, bisa menjadi rekomendasi perjalanan:

1. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu (Joglosemar News)

Cobalah kunjungi wisata Karanganyar bernama Grojogan Sewu, ini merupakan wisata air terjun yang ada di Jalan Raya Tawangmangu, Beji, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Anda bisa datang ke wisata Karanganyar yang satu ini setiap hari, pada pukul 8.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Grojogan Sewu sendiri berasal dari Bahasa Jawa, yaitu grojogan yang airtinya air terjun dan sewu artinya seribu. Konon nama itu digunakan karena ada sebanyak 1.200 anak tangga yang harus dilalui untuk sampai ke wisata Karanganyar yang satu ini. Sepanjang perjalanan, Anda juga akan disapa oleh kera yang kerap mencari makanan.

Sesampainya di Grojogan Sewu, Anda akan disambut dengan air terjun setinggi sekitar 30 meter. Airnya segar, udaranya sejuk karena ada banyak pepohonan hijau, suasananya juga menenangkan. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menjajal berbagai fasilitas permainan seperti flying fox dan mini rafting.

Adapun tiket masuk untuk memasuki wisata Karanganyar ini adalah Rp15 ribu saja. Sedangkan untuk fasilitas permainan yang lain, Anda akan dikenakan biaya tersendiri. Jadi, sudah siap berwisata di lereng Gunung Lawu ini?

2. Air Terjun Pringgodani

Air Terjun Pringgodani (Kabupaten Karanganyar)

Singgah juga di wisata Karanganyar yang satu ini, namanya adalah Air Terjun Pringgodani atau dikenal juga dengan Air Terjun Wali. Lokasinya ada di area Hutan Lindung Blumbang, Kecamatan Taangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Sejatinya wisata Karanganyar yang satu ini merupakan tempat petilasan yang disakralkan oleh para penganut kepercayaan atau lebih dikenal sebagai Pertapaan Pringgodani. Untuk sampai di lokasi ini, Anda harus berjalan terlebih dahulu menempuh jarak sejauh 2 km dari jalan utama.

Bagi Anda yang suka dengan adrenalin, cocok untuk datang ke wisata Karanganyar yang satu ini. Pasalnya untuk mencapai lokasi ini, Anda harus melalui hutan lebat, jalan yang agak curam dan licin, butuh kehati−hatian.

Tetapi Anda sepertinya tidak akan merasa lelah, pasalnya menuju ke wisata Karanganyar yang satu ini, Anda akan melewati ladang pertanian sayur−mayur milik penduduk. Di arah Barat, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan Karanganyar dan Gunung Merapi. Sedangkan di Timur, Anda akan disuguhkan pemandangan dari lokasi air terjun.

Sesampainya di lokasi, Anda akan dibuat takjub dengan air terjun yang sangat tinggi, yakni sekitar 100 meter. Wisata Karanganyar ini juga bagai terlihat memiliki air terjun yang bertingkat. Selain itu ada sebuah telaga bernama Telaga Pringgosari yang airnya berasal dari air terjun dan Goa Pringgosari yang ada persis di sebelahnya.

3. Bukit Sekipan

Bukit Sekipan (Liburan Jaman Now)

Wisata Karanganyar yang lainnya adalah Wisata Bukit Sekipan ,Tawangmangu, yang berlokasi di Jalan Sekipan, Kramat, Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Wisata Karanganyar ini buka setiap hari dari pukul 8.00 sampai dengan pukul 18.00 WIB.

Wisata Karanganyar yang satu ini menawarkan wisata dengan menyediakan berbagai macam spot foto yang kekinian dan instagramable. Eits, tetapi tidak hanya bisa dinikmati oleh kalangan anak muda yang milenial saja, wisata Karanganyar ini juga cocok jadi destinasi liburan bersama dengan keluarga.

Selain berbagai spot foto, tempat wisata Karanganyar ini juga menyuguhkan berbagai macam wahana permainan. Jadi, wisata Karanganyar yang satu ini tentu cocok sebagai pilihan lokasi berliburan yang ramah bagi anak−anak.

Untuk bisa merasakan berbagai macam wahana di wisata Karanganyar yang satu ini, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk yang beragam. Tiket reguler yakni seharga Rp50 ribu, tiket terusan seharga Rp100 ribu, tiket Taman Lampion sebesar Rp50 ribu, wahana berbayar berkisar Rp10 ribu − Rp15 ribu dan paket studio foto mulai dari harga Rp50 ribu sampai dengan Rp500 ribu.

4. Candi Cetho

Candi Cetho (Cakrawala Tour)

Coba juga datang ke destinasi wisata Karanganyar yang satu ini, bernama Candi Cetho. Candi ini berada di RT 01/RW 03, Cetho, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Buka setiap hari mulai pukul 7.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Wisata Karanganyar yang satu ini adalah candi Hindu yang berada di lereng Gunung Lawu. Mantapnya, wisata Karanganyar ini dikelilingi oleh perkebunan teh, sehingga wisatawan yang datang akan disambut dengan udara sejuk dan menyegarkan khas pegunungan.

Keberadaannya di kawasan lereng pegunungan, membuat wisata Karanganyar yang satu ini suasananya dingin. Suhu rata−rata di kawasan ini adalah 20 derajat Celcius. Keadaan wisata Karanganyar ini juga kerap berkabut, sehingga Anda disarankan untuk mengenakan pakaian hangat.

Anda bisa menikmati keindahan candi dengan biaya tiket masuk yang sangat murah, yakni Rp10 ribu untuk wisatawan domestik dan Rp30 ribu untuk wisatawan mancanegara. Setelah membayar tiket, Anda akan diminta untuk mengenakan sebuah kain dengan motif kotak−kotak hitam dan putih, seperti di Bali.

5. Agrowisata Amanah

Agrowisata Amanah (Ihategreenjello)

Kunjungi juga wisata Karanganyar yang satu ini, namanya adalah Agrowisata Amanah. Lokasinya ada di Jalan Raya Solo−Tawangmangu KM34,3, RT 01/03, Desa Karang Wetan, Kelurahan Karang, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Wisata Karanganyar ini buka setiap hari dari pukul 7.00 sampai dengan pukul 20.00 WIB.

Berkunjung ke Agrowisata Amanah adalah salah satu cara menikmati kesejukan daerah pegunungan, yakni Gunung Lawu. Di wisata Karanganyar ini, Anda bersama keluarga bisa merasakan sensasi bertemakan pertanian dan peternakan di kaki Gunung Lawu. Jadi, selain bisa liburan mencuci mata dan mencari suasana baru, anak−anak juga bisa menambah pengetahuannya.

Harga tiket wisata Karanganyar yang satu ini juga beragam. Untuk tiket masuk di hari biasa dan akhir pekan adalah gratis. Selain itu untuk tiket outbound TK adalah Rp100 ribu untuk hari biasa dan Rp110 ribu untuk akhir pekan. Berbeda lagi untuk outbound SD, harga tiketnya Rp95 ribu untuk hari biasa dan Rp105 ribu untuk akhir pekan.

Bagi anak SMP, SLB, dan SMA yang ingin melakukan outbound juga diberlakukan tiket, yakni seharga Rp100 ribu untuk hari biasa dan Rp110 ribu untuk akhir pekan. Bagi orang tua juga jangan mau ketinggalan, Anda bisa outbound dengan membayar tiket sebesar Rp120 ribu untuk hari biasa dan Rp130 ribu untuk akhir pekan.

6. Perkebunan Teh Kemuning

Perkebunan Teh Kemuning (Youtube)

Kalau di Jawa Barat ada kebun teh yang terkenal di Puncak, kalau di Jawa Tengah ada Karanganyar. Tidak heran, apabila wisata Karanganyar ini disebut sebagai “Puncak”-nya Jawa Tengah.

Berbeda dengan Puncak di Jawa Barat, maka wisata Karanganyar yang satu ini patut Anda kunjungi, namanya adalah Kebun Teh Kemuning. Lokasinya terletak di Sumbersari, Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Wisata ini buka dari pukul 4.30 sampai dengan pukul 18.30 WIB.

Wisata Karanganyar Perkebunan Teh Kemuning berada di area dataran tinggi yang sangat sejuk. Lokasinya memang tidak jauh dari Kota Solo, menawarkan sensasi berwisata kebun teh yang menarik.

Anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah dan hijau dari wisata Karanganyar yang satu ini. Bagaimana tidak? Hamparan kebun teh ada di mana−mana. Selain itu ada berbagai macam wahana dan spot untuk berfoto yang unik dan menarik.

Harga tiketnya juga beragam. Apabila hanya ingin sekadar masuk kawasan, Anda tidak dikenakan biaya, tetapi ditawarkan juga beberapa paket wisata. Ada Paket Ceria 1 hingga 5 orang yang dibandrol dengan harga mulai dari Rp50 ribu sampai dengan Rp150 ribu. Selain itu ada juga fasilitas Jeep yang bisa dinaiki 3 sampai empat penumpang dengan tarif Rp350 ribu sampai dengan Rp700 ribu.

7. Agrowisata Sondokoro

Agrowisata Sondokoro (Sanjaya)

Ada lagi nih, wisata Karanganyar yang tidak boleh Anda lewatkan, namanya Agrowisata Sondokoro. Wisata Karanganyar ini terletak di Jalan Mangkunegara, Bojonegara, Nglande Wetan, Ngijo, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Kata Sondokoro sendiri diambil dari nama sebuah desa. Legenda masyarakat sekitar menyebut, konon ada dua orang yang bernama Kiai Sondo dan Kiai Koro yang bertarung selama 40 hari 40 malam lamanya untuk mendapatkan menantu yang diincar yaitu Tumenggung Joyo Lelono. Tetapi akhir pertandingan hasilnya seri. Dari situlah nama Sondokoro berasal.

Asyik, wisata Karanganyar ini ternyata buka setiap hari. Anda bisa datang pada pukul 8.00 sampai dengan pukul 14.30 WIB. Jangan lupa membawa anggota keluarga Anda ya, karena sesuai sekali dengan konsep wisata Karanganyar yang satu ini.

Dahulu, kawasan ini murni hanya sebuah pabrik gula biasa. Tetapi semenjak dibuka sebagai wisata Karanganyar, pabrik gula ini kian banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Mereka yang datang bisa mempelajari mengenai proses pembuatan gula.

Tiket masuk untuk wisata Karanganyar yang satu ini sangat murah. Anda bisa membayar dengan Rp5.000 saja. Jadi jangan ragu sambil memboyong sanak keluarga ke wisata Karanganyar yang satu ini ya.

8. Waduk Lalung

Waduk Lalung (My biking diary)

Ada pula wisata Karanganyar yang unik yakni Waduk Lalung. Waduk ini terletak di Kelurahan Lalung, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Meski dikenal bukan waduk yang besar dibandingkan dengan waduk yang lain, tetapi wisata Karanganyar yang satu ini memiliki pesonanya tersendiri.

Wisata Karanganyar yang satu ini memiliki luas 7.394 hektare dan daya tampung air yang encapai 5 juta meter kubik. Selain itu, tahukah Anda bahwa wisata Karanganyar yang satu ini ternyata sudah dibangun sejak masa pemerintahan Kolonial Belanda pada 1940. Waduk ini lantas selesai pengerjaannya pada 1942 yang dikerjakan oleh masyarakat sekitar.

Kehadiran wisata Karanganyar ini begitu banyak manfaatnya, salah satunya adalah suburnya lahan pertanian di kawasan tersebut. Tidak heran apabila wisata Karanganyar satu ini lantas dijadikan pula sebagai objek pariwisata dan bidang perikanan.

Waktu yang direkomendasikan untuk datang ke wisata Karanganyar yang satu ini adalah pada saat terbitnya matahari. Keindahan waduk akan tambah mempesona, pasalnya akan tampak Gunung Lawu dari sisi Timur. Anda juga bisa menikmati keindahan waduk saat matahari terbenam, Anda akan diperlihatkan pesona Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang seolah berpamitan diselimuti gelap.

9. Tubing Goasari Ngargoyoso

Tubing Goasari Ngargoyoso (Situsnya traveller)

Bagi Anda yang suka memacu adrenalin, wisata Karanganyar yang satu ini sepertinya cocok untuk Anda. Anda bisa datang ke Tubing Goasari Ngargoyoso yang lokasinya berada di Jalan Ngranten Wetan, RT 04, Puntuk, Puntukrejo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Wisata Karanganyar ini buka setiap hari dari pukul 8.30 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Di jam tersebut, Anda bisa menikmati wisata di alam terbuka yaitu dengan bermain arung jeram, menyusuri sungai. Tidak hanya itu saja, ada aktivitas lain yang bisa Anda lakukan yakni flying fox, hacking, river climbing, juga ada fun game. Wow, aktivitas yang menantang dan sangat beragam bukan?

Salah satu yang menjadi daya tarik lainnya adalah karena adanya tubing. Wisata tubing atau river tubing, yakni kegiatan meluncur bebas di atas permukaan sungai dengan arus air yang cukup deras. Tidak hanya itu, adrenalin Anda juga dipacu dengan menghadapi medan yang berliku serta beragam jeram.

Bagi wisatawan anak−anak juga tidak perlu khawatir, pasalnya ada kolam renang, bola air, rumah pohon, taman bermain, dan permainan lainnya yang bisa dicoba. Belum lagi, di sisi kanan dan kiri wisata Karanganyar ini menawarkan pesona pemandangan alam yang indah dan asri.

10. Rumah Atsiri Indonesia

Rumah Atsiri Indonesia (Jadwal Travel)

Ada lagi wisata Karanganyar yang unik, namanya Rumah Atsiri Indonesia. Lokasinya ada di Jalan Watusambang, Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Wisata Karanganyar ini buka setiap hari dari pukul 10.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Di wisata Karanganyar yang satu ini, Anda akan mendapatkan pengalaman berwisata yang berbeda dari biasanya. Bagaimana tidak, di Rumah Atsiri Indonesia, pengetahuan dan wawasan Anda tentang tanaman wangi, Atsiri, akan semakin bertambah.

Wisata Karanganyar ini memiliki arsitektur khas Eropa yang yang memiliki desain blok ventilasi yang dahulu menunjukkan fungsi bangunan sebagai pabrik minyak atsiri. Tidak hanya itu, peninggalam pabrik pengolahan minyak atsiri juga masih dipertahankan. Anda bisa melihat saksi bisu berupa batu bata, mesin pencacah, hingga tabung kimia kuno dan bisa jadi pembelajaran bagi wisatawan yang datang.

Bila Anda dan keluarga tertarik datang ke wisata Karanganyar yang satu ini, perlu menyiapkan biaya tiket masuk sebesar Rp50 ribu per orang. Anda dijamin tidak akan merasa rugi, karena ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan seperti workshop, melihat proses pembuatan minyak atsisi, melihat museum dan tanaman, hingga berfoto.

11. Air Terjun Parang Ijo

Air Terjun Parang Ijo (tempat wisata)

Tidak sampai di situ saja, Anda dan keluarga masih bisa menjajal wisata Karanganyar yang lain berupa wisata air terjun. Salah satu wisata air terjun yang direkomendasikan adalah Air Terjun Parang Ijo.

Lokasi dari Wisata Karanganyar yang satu ini terletak di Jalan Munggur Raya, Mlinggur, Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Wisata ini buka setiap hari dari pukul 9.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Air terjun yang satu ini merupakan salah satu objek wisata alam favorit di Karanganyar, yang terletak di kaki Gunung Lawu. Menurut cerita masyarakat, air terjun yang satu ini terbentuk karena adanya pohon yang tumbang. Setelahnya, aliran air mengalir di antara batang pohon yang airnya terjun ke bawah. Sedangkan kata Parang Ijo, alasannya karena air yang terjun di antara parang atau tebing dengan warna hijau di sekitarnya.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuknya, karena hanya perlu membayar sebesar Rp5.000 saja per orang. Anda bisa puas menikmati suasana yang dingin dan menyegarkan, selain itu melihat air terjun yang debit airnya tidak terlalu deras.

12. Tenggir Park

Tenggir Park (data wisata)

Apabila sedang berkunjung ke Jawa Tengah, coba juga mampir ke wisata Karanganyar yang satu ini, namanya adalah Tenggir Park. Lokasinya ada di Tambak, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Wisata ini buka setiap hari pukul 8.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Wisata Karanganyar yang satu ini bagaikan pesona alam yang dikelola dengan baik sebagai objek wisata. Kawasan wisata Karanganyar ini tepatnya berada di kaki Gunung Lawu yang memiliki pemandangan begitu indah, alamnya masih hijau, asri, dan udaranya sejuk.

Objek wisata Karanganyar yang satu ini mematok tarif yang sangat terjangkau, yakni Rp10 ribu saja per orang. Selain itu, pengunjung juga diharuskan membayar parkir kendaraan dan bila menggunakan fasilitas atau wahana akan dikenakan biaya tersendiri.

Anda akan dibuat betah berlama−lama di wisata Karanganyar karena dikelilingi hutan pinus, bagaikan di hutan tetapi jauh dari kesan seram. Selain itu ada berbagai spot foto yang tersedia seperti taman bunga, rumah honai, karpet terbang, sepeda layang, dan masih banyak lagi.

13. Telaga Madirda

Telaga Madirda (Kabupaten Karanganyar)

Belum puas juga? Masih ada wisata Karanganyar lainnya yang bernuansa alam yang sayang apabila Anda lewatkan, namanya adalah Telaga Madirda. Telaga ini berada di Area Sawah Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Wisata ini buka setiap hari dari pukul 6.00 sampai dengan pukul 17.30 WIB.

Wisata Karanganyar ini adalah sebuah telaga alami yang berada di kaki Gunung Lawu. Tidak banyak objek yang bisa dilihat di wisata Karanganyar yang satu ini, tetapi panorama alam sekitar memiliki daya tarik bagi para wisatawan.

Untuk memasuki objek wisata Karanganyar yang satu ini, Anda juga tidak dikenakan tarif yang murah, cukup dengan Rp10 ribu saja per orang. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa melihat telaga dengan latar gunung serta hamparan hutan hijau yang asri.

Keberadaan objek wisata Karanganyar ini juga ternyata tidak lepas dari cerita rakyat dari penduduk yang tinggal di sekitarnya. Konon, telaga ini merupakan perwujudan dari sebuah tutup pusaka bernama Cupumanik Astagina. Tutup dari pusaka tersebut terjatuh ke tanah dan berubah menjadi telaga yang amat indah.

14. Pemandian Sapta Tirta

Pemandian Sapta Tirta (Kabupaten Karanganyar)

Anda juga bisa mencoba datang ke wisata Karanganyar lainnya yang bernama Pemandian Air Panas Sapta Tirta. Lokasinya ada di Jalan TP Joko Songo, Bt. Argotiloso, Pablengan, Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Wisata Karanganyar ini buka setiap hari dari pukul 8.00 sampai dengan pukul 18.00 WIB.

Sapta Tirta sendiri merupakan Bahasa Sansekerta yang artinya tujuh mata air. Lantas apa saja mata air yang ada di wisata Karanganyar yang satu ini?

Wisata Karanganyar ini menawarkan tujuh mata air yang berbeda. Di antaranya ada air bleng, air soda, air kesakten, air hangat, air hidup, air mati, dan air urus−urus. Setiap mata air tersebut memiliki rasa dan fungsi yang berbeda−beda meskipun letaknya saling berdekatan.

Tempat ini juga memiliki nilai sejarah, di mana dahulu tempat ini merupakan lokasi penggemblengan para prajurit dari Pangeran Sambernyawa, pahlawan yang gigih melawan penjajah VOC Belanda yang bernama asli Raden Mas Said, pendiri Praja Mangkunegara yang kemudian bergelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara I

15. Bukit Mongkrang

Bukit Mongkrang (travel promo)

Wisata terakhir yang bisa Anda kunjungi adalah Bukit Mongkrang. Wisata Kranganyar yang satu ini terletak di area Hutan Tlogo, Dringo, Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Anda bisa datang ke objek wisata Karanganyar satu ini kapan saja, pasalnya buka selama 24 jam.

Anda bisa masuk ke wisata Karanganyar ini dengan membayar seharga Rp10 ribu untuk tiket masuk dan Rp15 ribu untuk tiket berkemah.

Wisata Karanganyar yang satu ini dikenal sebagai tempat yang cocok bagi para pendaki pemula. Dataran tinggi ini juga menawarkan pemandangan yang cantik dan bisa jadi spot foto yang menarik.

Bagaimana tidak? Wisata Karanganyar yang satu ini merupakan bukit sabana yang berada pada ketinggian 2.197 meter di atas permukaan laut. Wisata Karanganyar ini masih satu kawasan dengan Gunung Lawu dan mendekati perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : YC Kurniantoro