Netral English Netral Mandarin
14:45wib
Amerika Serikat mengimbau warganya untuk tidak bepergian ke Indonesia karena angka penularan infeksi virus corona (Covid-19) yang dinilai tinggi dan kemungkinan adanya serangan teror. Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di RSD Wisma Atlet mulai mengalami peningkatan pada 3-4 pekan pasca-Lebaran. BOR RS sudah mencapai 75,19 persen.
Pesona Curug Cikaso, Air Terjun ‘Three in One' dari Sukabumi

Senin, 22-Maret-2021 16:55

Curug Cikaso yang memiliki tiga air terjun.
Foto : Instagram @potopoto
Curug Cikaso yang memiliki tiga air terjun.
25

SUKABUMI, NETRALNEWS.COM - Berbicara tentang air terjun, Indonesia memang banyak memiliki air terjun yang indah dan memesona. Salah satunya yaitu Curug Cikaso. Air terjun ini masih alami dan memiliki panorama alam yang begitu indah. Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata alam yang begitu diminati oleh wisatawan.

Air terjun dengan keindahan yang sangat memesona dengan rerimbunan pepohonan di sekitarnya ini terletak di Kampung Ciniti, tepatnya di Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Curug Cikaso biasa disebut Curug Luhur. Namun, beda dengan Curug Luhur yang ada di Bogor, Jawa Barat.

Curug Cikaso bisa disebut sebagai air terjun ‘three in one’ (3in1) karena memiliki tiga titik curahan air terjun yang tumpah ke dalam satu kolam. Pertama bernana Curug Aseupan. Lalu, titik curahan kedua adalah Curug Monong. Terakhir, titik curahan ketiga disebut Curug Aki.

Curug Cikaso memiliki ketinggian 80 meter. Lebar dari curug ini sekitar 100 meter yang terbagi menjadi beberapa aliran air terjun. Curug Cikaso bermuara di Muara Tegal Buleud, Kabupaten Sukabumi.

Curug Cikaso (Instagram @gypsyjamtani)

Air dari Curug Cikaso ini sangat melimpah ke dalam kolam yang berwarna biru kehijauan. Hasil dari limpahan ketiga curug ini yang menjadikan Curug Cikaso benar-benar membuat pemandangan yang indah dan memberikan perasaan yang sejuk.

Kolam di Curug Cikaso memiliki kedalaman 15 meter. Di dalamnya terdapat juga pusaran air yang deras. Jika Anda berniat untuk berenang, pastikan tempatnya aman untuk berenang. Anda juga dapat bertanya kepada petugas setempat, bagian mana yang aman untuk berenang.

Sebagai salah satu curug yang paling indah di Kota Sukabumi, tentu saja memiliki daya tarik yang unik yang membuat banyak orang semakin penasaran untuk mengunjunginya.

Daya tarik yang pertama, seperti telah disebutkan di atas, curug ini memilikidari 3 air terjun. Berbeda dengan curug lain yang biasa hanya memiliki 1 curahan air terjun. Dua dari tiga air terjun tersebut membuat grojokan yang cukup deras dan menakjubkan.

Kedua, aliran airnya yang deras dan jernih. Bersumber dari 3 curahan curug tentu membuat aliran air di Curug Cikaso menjadi semakin deras. Tak hanya itu, rupanya air di Curug Cikaso ini juga segar dan jernih.

Jika Anda berminat untuk berwisata ke tempat ini, jangan lupa ajak teman atau keluarga untuk menghabiskan waktu bersama bermain air dan menikmati keindahan air terjun  serta alam di sekitarnya.

Reporter : Aldiyansah Saputra
Editor : YC Kurniantoro