Netral English Netral Mandarin
14:10wib
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 optimistis target capaian program vaksinasi virus corona di Indonesia akan rampung sesuai target awal pemerintah yakni pada Desember 2021. Kasus COVID-19 meningkat drastis selama seminggu terakhir. Rumah sakit hingga Wisma Atlet melaporkan bed occupancy rate yang terus meningkat.
Petunjuk Dokter Bagi yang Gemar Minum Kopi di Pagi Hari

Sabtu, 03-April-2021 04:00

Ilustrasi minuman kopi.
Foto : hdwallpaperrocks
Ilustrasi minuman kopi.
27

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Minum secangkir kopi telah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang sebelum memulai aktivitasnya di pagi hari. Bahkan, memulai hari dengan menikmati kopi sudah seperti sugesti bagi orang yang coffee addict, untuk memacu semangat juga kebahagiaan.  

Sebenarnya apa sih manfaat minum kopi? Banyak penggemarnya, tapi belum tentu semua tahu apa guna kopi bagi tubuh, selain untuk memacu semangat.  

Dr. Brain Gantoro, SpGK, dokter spesialis gizi klinik di Rumah Sakit Awal Bros Batam mengatakan,  kopi baik untuk kesehatan liver atau hati. 

Kopi juga mampu meningkatkan metabolisme yaitu mengurangi tumpukan cadangan kalori, hingga menurunkan berat badan. 

Kopi bahkan bisa mengaktifkan kewaspadaan otak.

“Yang kita dapat dari kopi adalah kafein yang bisa meningkatkan metabolisme. Caramel, wangi aroma yang menyenangkan,” ujarnya. 

Kafein yang ada di dalam kopi seperti sejenis stimulan. Setelah dikonsumsi, kafein bisa langsung menyerap ke darah dalam waktu dua puluh menit. Setelah terserap oleh darah, kafein akan menyebabkan lonjakan tekanan darah dan detak jantung. 

Jadi wajar, jika minum kopi akan memberikan efek semangat, menghilangkan kantuk, hingga membuat mood menjadi lebih baik.

“Tetapi tergantung kebiasaan daya tahan atau toleransi individu. Ada yang sanggup minum kopi sampai lima gelas sehari, ada juga yang hanya satu gelas sudah berdebar debar. Jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing - masing. Penting juga tidak berlebihan mengkonsumsi kopi,” tuturnya, seperti dikutip Netralnews dari laman awalbros.com.

Lebih lanjut, ia membagikan tips sehat untuk para penggemar kopi, yaitu seperti berikut ini:

1. Konsumsi cukup dua cangkir kopi setiap hari.

2. Jangan gunakan atau campur krim susu, juga gula dalam kopi secara berlebihan.

3. Stop konsumsi kopi jika sering buang air usai meminumnya

4. Jika merasa tak enak di perut setelah minum kopi, hindari konsumsi yang berlebihan.

Reporter :
Editor : Irawan HP